Pemkab Barsel

Kompetensi dan Kemampuan Para ASN Harus Terus Ditingkatkan

 Rabu, Tanggal 12-09-2018, jam 12:32:48
Edi Kristianto

BUNTOK – Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel Edi Kristianto menuntut agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintahan Barsel dapat terus mengembangkan potensi diri melalui pelatihan formal ataupun non formal.

“Hal itu bertujuan meningkatkan profesionalisme aparatur, sehingga mampu menjalankan administrasi pemerintahan secara optimal, serta mendukung suksesnya pembangunan daerah,” kata Edi Kristianto Senin (10/9).

Dikatakannya, kompetensi dan kemampuan para ASN harus terus ditingkatkan. Karena, kata dia, sebaik apapun program tak akan efektif bila pelaksananya tidak mampu menjalankan program itu dengan baik.

Menurutnya, kualitas birokrasi sangat dipengaruhi kualitas sumber daya aparatur. Kinerja ataupun etika kerja, kata dia, akan menjadi cerminan pelayanan dan cakupan program pembangunan. “Untuk itu, aparatur hendaknya terus memacu potensi diri, menguatkan semangat pengabdian. Potensi diri, hendaknya dioptimalkan melalui pelatihan formal maupun informal, hingga penguatan komunikasi dan koordinasi antar lini pembangunan,”harapnya.

Sekda berharap, aparatur terus berkarya, menjaga kedisplinan, serta menjalin komunikasi dan koordinasi untuk menumbuhkan mentalitas kerja yang positif.

“Semua itu dilakukan, karena ASN memiliki sumpah jabatan yang harus dijalankan penuh tanggung jawab dan amanah. Sehingga, komitmen tersebut hendaknya diterapkan dalam lingkungan kerja, guna menjamin tercapainya good governance melalui pemerintahan yang amanah, transparan dan profesional,” terangnya.

Ditambahkannya, ASN merupakan abdi masyarakat, karena itulah dituntut mengedepankan sikap taat, jujur, tertib, cermat, adil dan bertanggung jawab.

“Intinya ASN harus peka terhadap setiap permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Sehingga penerapan program lebih menyentuh dan berorientasi pada hajat hidup orang banyak,” tegasnya. (ner/ami/iha/CTK)

Berita Terkait