Pemkab Seruyan

Pj Bupati Lantik Nyarutono Tunjan Sebagai Pj Sekda Mura

 Jum`at, Tanggal 14-09-2018, jam 10:53:37
Pj Bupati Mura Yuel Tanggara melantik Nyarutono Tunjan sebagai Pj Sekda Mura di Aula Gedung B Setda Mura, Kamis (13/9).( HER/KALTENG POS)

PURUK CAHU – Penjabat (Pj) Bupati Murung Raya (Mura) Yuel Tanggara secara resmi melantik Nyarutono Tunjan sebagai Pj Sekda Mura, di Aula Setda Gedung B, Kamis (13/9). Pelantikan ini lantaran Nyarutono Tunjan dinilai sosok yang tepat untuk menjadi pejabat pembina pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura. Tak hanya itu, ia juga diamanahkan agar fokus membebaskan rakyat Mura dari jeratan kemiskinan, kebodohan hingga keterisolasian, dan utamanya fokus di infrastruktur.

Dilantiknya Nyarutono Tunjan selaku Pj Sekda juga sekaligus mengakhiri masa jabatan Pahala Budiawan Situmorang yang sebelumnya menjabat sebagai Pelaksana harian (Plh) Sekda Mura. Sebelumnya, jabatan prestisius ini diampu Syarkawi H Sibu sebagai Sekda Mura. Hanya saja, sejak 3 September lalu, ia telah memasuki masa pensiun.

"Kepada Pj Sekda Mura selamat bertugas untuk menciptakan pemerintahan yang baik demi membebaskan masyarakat Mura dari kebodohan, kemiskinan dan keterisolasian dari sisi infrastruktur yang sangat penting bagi masyarakat. Demikian pula bagi Pahala Budiawan Situmorang, diucapkan terima kasih atas kerja sama dan jasa-jasa dalam menyukseskan sampai terpilihnya Pj Sekda Mura ini," ucapnya Pj bupati.

Diungkapkannya, ia yakin Nyarutono Tunjan mampu menjabat sebagai Pj Sekda Mura. Lantaran, sebelumnya, telah melewati seleksi.

“Seleksi terhadap dua orang dengan persyaratan umum dan khusus serta diteliti sesuai dengan duk kepangkatan seorang PNS," kata Yuel Tanggara.

Setelah diteliti didapatkan satu orang lalu diajukan ke Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, sebagai perpanjangan dari perwakilan pemerintah pusat di daerah. Sehingga yang dipilih itu sebagai Pj Sekda Mura adalah Nyarutono Tunjan.

“Tentu dengan sudah dilantiknya Pj Sekda ini dalam tata kelola pemerintahan ke depan tidak akan terjadi masalah dan saya yakin Pak Nyarutono bisa bisa mengemban tugas ini,” ucap Yuel.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pembangunan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mura, Yance Sirenden mengatakan ditunjuknya Nyarutono Tunjan juga atas persetujuan gubernur.

 “Pj Sekda ini akan bertugas paling singkat selama tiga bulan dan bila masih belum ada ditunjuk Sekda definitif, maka masa jabatan Pj Sekda bisa diperpanjang,” jelas Yance.

Pelaksanaan pelantikan Pj Sekda ini juga dirangkai penyerahan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya yang sudah bertugas selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun kepada 30 ASN atau PNS di lingkup Pemkab Mura. (her/ami/iha/CTK)

Berita Terkait