Senin, 12-02-2018 jam, 10:02:28

Jelang Pilkada Perlu Dukungan Semua Pihak

 Jelang Pilkada Perlu Dukungan Semua Pihak
Sigit K Yunanto

PALANGKA RAYA - Menjelang pemilihan Kepala Daerah yang dilaksanakan secara serentak di 10 Kabupaten dan satu kota di Kalimantan Tengah, perlunya dukungan semua pihak agar dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Begitupula yang terjadi diwilayah Kota Palangka Raya, sehingga seluruh eleman masyarakat bisa membantu jalannya pesta demokrasi ini berjalan tertib dan aman terkendali. Bahkan peran serta tokoh masyarakat agar bisa netral pada saat pelaksanaan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunanto saat dibincangi dikantornya belum lama ini.

“Perlunya sikap netralitas perlu ditunjukan oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat dan juga tokoh adat menjelang pelaksanaan Pilkada. Kami ingin agar pelaksanaan Pilkada ini benar-benar berjalan sesuai dengan yang diinginkan,”katanya.

Sigit berharap dengan netralitas para tokoh, nantinya mampu tauladan bagi seluruh masyarakat, demi menjaga situasi yang aman dan kondusif sejak awal hingga akhir pelaksanaan Pilkada. Bahkan para tokoh-tokoh ini juga bisa menuntun masyarakat dalam meningkatkan partisipasi dalam memilih pemimpin yang berkualitas, tanpa harus mengarahkan ke hal-hal yang konteksnya ranah politik. Dengan demikian setiap tahapan pemilihan yang dilaksanakan mampu berjalan dengan baik.

“Kami juga menginginkan mereka bersikap netral tanpa memanfaatkan kapasitasnya untuk kepentingan politik. Sikap  netralitas yang ditunjukkan  para tokoh tentu secara kaidah ataupun secara jati dirinya telah diatur pada norma-norma keseimbangan, “ungkapnya.

Ketua Umum KONI Kota Palangka Raya menambahkan, hendaknya apabila nanti ada persoalan ataupun permasalahan yang kurang tepat, maka para tokoh-tokoh tidak perlu secepatnya mengambil sikap. Namun setidaknya dapat melakukan konfirmasi dan tidak perlu malah  memperkeruh suasana. Paling tidak dikoordinasikan, bagaimana dan harus apa dilakukan. Karena semuanya ada aturan yang telah ditentukan.

“Kami harapkan para tokoh bijak dan mampu menyelesaikan permasalahan dengan kepala dingin, jangan sampai memicu suasana menjadi tidak baik. “Jadi mohon netralitas semua elemen agar mari ciptakan suasanan yang sejuk,”pungkasnya.(nue/son/iha)