Selasa, 13-02-2018 jam, 10:32:24

Jangan Saling Hujat dan Fitnah, Kedepankan Politik Santun

Jangan Saling Hujat dan Fitnah, Kedepankan Politik Santun
Empat Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lamandau 2018-2023 menunjukan nomor urutnya, Selasa (13/2). //GALIH/KALTENG POS

NANGA BULIK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamandau melaksanakan rapat pleno terbuka pencabutan nomor urut Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Lamandau 2018-2023. Dalam kegiatan ini dihadiri Ketua KPU Lamandau Daang Padoma bersama Komisioner, Ketua Panwas Lamandau Bedi Dahaban bersama Komisioner, perwakilan Pemerintah Kabupaten Lamandau beserta Forpimda dan empat paslon. Setelah melakukan proses pencabutan nomor, akhirnya Paslon Taji Pranito-Gandhi Nuswantara nomor ururt satu, Sata Umani-Karyadi nomor urut dua, FX Perwiragato-Taufik Hidayat nomor urut tiga dan Hendra Lesmana-Riko Porwanto nomor urut empat.

Ketua KPU Lamandau Daang Padoma mengungkapkan, setelah pencabutan nomor urut dan ditetapkan nomor urut paslon tersebut, maka tahapan selanjutnya kampanye. Dimana Minggu tanggal 18 Februari 2018 akan dimulai dengan kampanye paslon. “Kita sudah sampaikan kepada paslon untuk tahapan kampanye dan aturannya,” ungkap Daang, Selasa (13/2).

Daang menegaskan, khususnya dalam pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) kemepat paslon harus ikuti aturan yang ada. pihaknya sudah sampaikan dengan disepakati jumlah maupun ukuran dan ketentuan lainnya juga sudah disepakati. “APK ada ketentuan dan paslon bersama tim pemenangan wajib memahami itu. Mari lakukan kampanye dengan baik,” tutupnya.

Sementara Ketua Panwas Lamandau, Bedi Dahaban menyampaikan, pihak nya telah menyerahkan surat himbauan untuk kampanye damai kepada empat paslon. Artinya tidak gunakan isu Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA) dan tidak politik uang.“Karena dalam Pilkada Lamandau 2018 visi dan misi yang disampaikan kepada masyarakat. Mari jaga dengan baik sehingga laksanakan kampanye yang damai,” tegasnya.

Usai pencabutan nomor, keempat paslon yang didampingi masing-masing 50 pendukung sangat bersemangat dan optimis meraih suara terbanyak dalam Pilkada ini.Hendra Lesmana mengatakan, rangkaian tahapan demi tahapan Pilkada Lamansau 2018 sudah diikuti HeRo, termasuk melaksanakan pencabutan nomor urut dan HeRo mendapat nomor urut 4 yang disyukuri sebagai langkah kemenangan."Mudahan proses berjalan lancar dan aman hingga pencoblosan," ujar Hendra saat jumpa pers, Selasa (13/2).

Dirinya mengajak dan menghimbau Paslon lainnya agar sama-sama jaga stabilitas yang sudah terjaga dengan baik di Kabupaten Lamandau. Sehingga pelaksanaan Pilkada Lamandau 2018 berjalan baik."Jangan saling hujat dan fitnah, tapi kedepankan politik santun. Buktikan politik baik yang nyaman juga aman dengan tunjukan kepada masyarakat esensi demokrasi ini adalah pesta, jadi tunjukan pesta demorkrasi dengan baik," ucap Hendra didampingi Riko Porwanto.

Sehingga, kata Hendra nantinya akan lahir pemimpin Kabupaten Lamandau yang betul-betul lahir dari masyarakat. "Kalau target dalam Pilkada Lamandau 2018 ini bukan pelengkap atau figuran tapi harus menang," pungkasnya.

FX Perwiragato menyampaikan, pihaknyabersyukur bahwa pada tahapan penetapan nomor urut pasangan Gato-Taufik dapat nomor urut tiga dan tahapan berikut terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang profil calon, visi-misi dan komitmen arah pembangunan kedepan.“Harapanya masa kempanye mendatang masyarakat dapat memilih pigur calon pemimpin dengan Hati Nurani,  tanpa di pengaruhi, tidak money politik dan intimidasi,” jelasnya. (alh/dar)