Sabtu, 10-02-2018 jam, 05:45:20

Kapuas Sangat Menunjang Pengembangan Sekto Wisata

Kapuas Sangat Menunjang Pengembangan Sekto Wisata
Wakil Bupati Kapuas, Muhajirin (kiri) bersama ulama kondang, Ustaz Arifin Ilham saat berkunjung ke Kuala Kapuas beberapa waktu lalu. //MEDIA CENTER 2M UNTUK KALTENG POS

KUALA KAPUAS-Bakal Calon Bupati Kapuas, H Muhammad Mawardi ternyata menaruh perhatian yang cukup besar terhadap potensi wisata yang ada di Kecamatan Basarang. Mawardi yang dalam pilkada Kapuas menggandeng H Muhajirin berjanji mengembangkan wisata jika kelak diberi amanah memimpin Kapuas. “Kita juga bisa kembangkan Basarang menjadi desa wisata,” kata Mawardi. Terlebih lagi, lanjut dia, jika nanti jalan Basarang menuju Pelabuhan Batanjung terhubung. “Kalau itu terhubung, nanti kita bisa buka wisata laut. Belum lagi wilayah utara yang menyimpan potensi alam seperti air terjun dan goa. Jadi banyak potensi wisata yang bias kita tawarkan,” ujarnya.

Menurut Mawardi, posisi Kabupaten Kapuas sangat strategis akan sangat menunjang pengembangan sektor wisata. Kapuas, lanjut dia, berada di tengah-tengah antara Palangka Raya dengan Banjarmasin, Kalsel. “Untuk itu, pembangunan sektor wisata cukup menjanjikan bagi Kapuas,” ucap bupati Kapuas periode 2008-2013 tersebut.

Selain itu, lanjut dia, Kapuas juga bias dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata religius. “Kalau kita kemas setiap hari ada majelis yang melaksanakan pengajian bagi masyarakat yang ingin memperdalam agama, itu bisa dijadikan tujuan wisata religi,” ucapnya.

Belum lagi, lanjut dia, wisata budaya. “Kita punya seni tradisional yang cukup beragam. Kesenian tari-tarian dari berbagai daerah juga bias kita suguhkan,” jelas dia.

Selanjutnya, lanjut dia, ada rumah betang. “Rumah betang juga harus kita angkat. Bisa  juga di rumah betang itu ada museum benda-benda bersejarah masyarakat adat Dayak. Jadi nanti banyak hal yang akan dinikmati wisatawan,” tandasnya. (mc-2m/dar)