Rabu, 14-02-2018 jam, 12:39:14
DPRD Kota

Pemerintah Harus Segera Menindak Gepeng

Pemerintah Harus Segera Menindak Gepeng
Diu Hasaini

PALANGKA RAYA - Hingga saat ini keberadaan gelandangan dan pengemis (Gepeng) masih banyak terlihat di Kota Palangka Raya. Sehingga menjadi perhatian dari anggota DPRD Kota setempat.

Menurut  anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya yang membidangi pemerintahan dan keuangan, Diu Hasaini, bahwa keberadaan gepeng masih kerap terlihat berkeliaran, baik dipinggir jalan, lampu merah dan pusat hiburan maupun tempat perbelanjaan. Seharusnya pemerintah maupun pihak terkait bisa segera melakukan tindakan agar mereka bisa ditangani dengan baik.

“Kami minta agar pemerintah bisa lebih serius dalam menangani masalah ini. Kalau dibiarkan  akan semakin berlarut-larut dan keberadaanya dikuatirkan mengganggu masyarakat,”katanya.

Ia menambahkan dengan adanya perhatian secara serius,salah satunya dengan upaya penertiban dan pembinaan kepada para gepeng, agar kedepannya mereka bisa mandiri dengan penghidupan yang lebih layak dan lebih baik. Bahkan antara pemko dan DPRD Kota Palangka Raya telah menerbitkan peraturan daerah yang mengatur tentang keberadaan gelandangan dan pengemis.

 Namun, ironisnya, para gepeng ini masih saja menjadi permasalahan bagi  warga Palangka Raya. Selain menjadi persoalan sosial, keberadaan mereka juga dinilai kerap mengganggu ketertiban umum, seperti mengamen di jalan atau lampu merah. Hal itu tanpa disadari akan membahayakan dirinya dan orang lain pengguna jalan.

“Maka dari itu pemko diharapkan untuk lebih mengintensifkan sosialisasi peraturan daerah tentang gepeng serta mengintensifkan penertiban kepada para gepeng yang ada,” tambahnya lagi.

Baginya tidak ada ruginya bila pemko setempat kembali mengoptimalkan  sosialisasi peraturan daerah tentang gepeng kepada masyarakat Kota Palangka Raya.

Termasuk sosialisasi mengenai sanksi yang diatur di dalam Perda juga diterapkan, saat ini fakta di lapangan hal itu tidak berjalan dengan baik. Walaupun di dalam Perda telah secara tegas melarang masyarakat untuk memberi uang kepada gepeng tersebut,”beber Diu.

Dengan adanya sosialisasi kepada masyarakat, tentang keberadaan gepeng ini sangat diperlukan. Mengingat  keberadaan para gepeng terus menerus semakin bertambah dan terlihat dikawasan Kota Cantik. Untuk itu perlunya upaya Satpol PP untuk menindaknya dengan tegas.  Pada saat paripurna yang lalu, DPRD kota memberikan point rekomendasi atas revisi perda gepeng. Dimana diharapkan dinas-dinas terkait dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga kota bebas dari para gepeng yang berada di jalan-jalan kota.

“Harus ada upaya memulangkan para gepeng ini  ke daerah asal masing-masing, dan tidak kembali lagi ke Palangka Raya untuk mengemis atau meminta-minta. Tapi dibina dan disarankan untuk membuka pekerjaan atau usaha yang lebih baik,”tutupnya. (nue/son/iha)