Senin, 12-02-2018 jam, 09:57:22
DPRD Kota

Penanganan PKL Harus Segera Ditangai Pemko

Penanganan PKL Harus Segera Ditangai Pemko
Suasana pasar yang ada diwilayah Kota Palangka Raya setiap harinya selalu ramai.// DENAR/KALTENG POS

PALANGKA RAYA - Hingga saat ini permasalahan terhadap pedagang kreatif lapangan (PKL) masih sering terjadi, diwilayah Kota Palangka Raya. Untuk  itu pemerintah hendaknya bisa segera melakukan tindak lanjut agar permasalahan yang terjadi bisa segera diselesaikan. Sehingga perlu adanya upaya tindakan tegas, sehingga permasalahan tidak akan terjadi secara berlarut-larut. Walaupun tidak dipungkiri, para PKL ini acap kali melanggar aturan sehingga perlunya tindakan tegas dari pihak terkait.

Wakil Ketua II Komisi B Sugianor, apa yang disampaikan ini berkaitan dengan salah satu poin penting rekomendasi maraknya laporan adanya PKL yang kerap kali melanggar aturan. Bahkan keberadaanya pada saat menggelar lapaknya dianggap illegal.  Sehingga pemerintah hendaknya dapat memperhatikan poin-poin penting dalam rekomendasi yang disampaikan pihak DPRD tersebut.

“Kami mengingatkan juga  mendorong agar penanganan PKL bisa segera ditangani oleh Pemerintah Kota Palangka Raya. Kami ingin agar permasalahan yang terjadi selama ini tidak berlaurt-larut,”katanya.

Politisi dari Partai kebangkitan Bangsa (PKB) menegaskan, penanganan PKL ini sendiri juga sudah menjadi pembahasan sehingga menjadi bagian dari poin penting butir rekomendasi y pada saat paripurna.  Dengan  mengacu peraturan pemerintah no 3 tahun 2007 tentang penanganan PKL. Mengingat para pedagang ini masih diketahui masih ada yang menggelar atau membuka lapak usahanya pada kawasan yang dilarang.

"Kami minta agar  Satpol PP untuk lebih meningkatkan lagi penanganan terhadap PKL yang membandel. Tindak tegas mereka yang memang masih berjualan dikawasan yang memang tidak boleh untuk dijadikan areal berjualan,”ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa masih banyak para pedagang yang  melanggar aturan dengan berjualan di atas trotoar. Untuk itu perlu upaya penanganan secara optimal. Dan untuk  menyikapi permasalahan ini diperlukan tindakan tegas untuk menekan serta memberikan efek jera bagi parapedagang nakal yang kerap melanggar aturan.

 "Penegakan aturan harus dilakukan. Walapun kita sadari terkadang di lapangan ditemukan berbagai alasan. Tindakan itu sendiri bagian dari  konsekuensi aturan yang telah ditetapkan,"pungkasnya.(nue/son/iha)