Senin, 12-02-2018 jam, 08:06:58

Pencuri Sarang Walet Berbekal Jimat

Pencuri Sarang Walet Berbekal Jimat
Kelima pelaku spesialis pembobol gedung burung walet, ketika diamankan di Kantor Polsek Marikit beserta barang bukti, Minggu (11/2). //POLSEK FOR KALTENG POS

KASONGAN–Pelaku kejahatan pencurian sarang burung walet begitu meresahkan warga selama ini, akhirnya kena batunya. Sebanyak lima orang terduga pelaku pencurian sarang burung walet di Desa Tumbang Dakei Kecamatan Marikit Kabupaten Katinan bernama Supriadi (30), Marjuna (21), Armaja (24), Hendra Kustanto (24), dan Yohanes Ivan (16), berhasil diringkus pihak Polsek Marikit bersama warga, Minggu (11/2) sekitar pukul 02.15 WIB.

Informasi diperoleh Kalteng Pos, tertangkapnya para pelaku bermula ketika ingin membobol gedung burung walet milik Yardie, warga Desa Tumbang Dakei Kecamatan Marikit, Katingan. Namun, aksi kelima orang terduga pelaku ini telah diketahui pemiliknya dan langsung melarikan diri. Lalu peristiwa ini dilaporkan ke Polsek Marikit melalui telepon oleh warga setempat.  Mendapat laporan warga, sejumlah anggota Polisi langsung bergerak. Berdasarkan keterangan pelapor, para pelaku berjumlah lima orang mengendarai kendaraan roda dua sebanyak tiga unit, dengan jenis kendaraan Yamaha Vixion Putih dan dua Yamaha RX King Modifikasi. Kawanan ini berhasil melarikan diri, ke arah Desa Tumbang Hiran seberang menuju Feri penyeberangan.

Berbekal informasi itu dan ciri-ciri yang disampaikan, Kapolsek Marikit Ipda Miftah Khoiri M bersama anggotanya langsung menuju feri penyeberangan yang ada di Desa Tumbang Hiran. Namun pada dini hari itu, tidak ada feri penyeberangan yang beroperasi. Tak berhenti sampai disitu, Kapolsek dibantu anggota Linmas desa menyeberang ke Desa Tumbang Hiran seberang dengan menggunakan perahu ces. Sesampai di seberang, tim yang dipimpin Kapolsek ini bertemu warga desa. Lalu rombongan langsung melakukan penyisiran dengan berjalan kaki menuju tempat feri penyeberangan.

Pada saat itulah ditemukan di depan sebuah rumah warga tiga kendaraan roda dua sesuai dengan ciri-ciri, sedang parkir. Melihat hal itu, anggota Polsek dibantu warga, langsung mengepung rumah tersebut. Setelah siap, lalu dilakukan penggerebekan dan ditemukan lima orang pemuda yang menumpang menginap di rumah itu. Tanpa perlawanan kelima pemuda tersebut mengakui bahwa tiga kendaraan roda dua itu memang  milik mereka. Lalu kelima pemuda itu langsung digiring bersama barang bawaannya dan sepeda motornya ke Mapolsek Marikit.

Kapolres Katingan AKBP Ivan Adhityas Nugraha SIK melalui Kapolsek Marikit Ipda Miftah Khoiri M ketika dikonfirmasi membenarkan mereka telah menangkap pelaku percobaan pencurian sarang burung walet milik warga. “Kelimanya sudah kita tahan bersama dengan sejumlah barang bukti, dan masih menjalani pemeriksaan,” katanya.

Dari keterangan Kapolsek Marikit, sejumlah barang bukti berhasil diamankan dari tas para pelaku, berupa uang Rp 2.663.000, jimat-jimat, STNK Nopol KH 4676 TA honda Beat, STNK nopol KH 5975 BH Honda GL 200 R, jam tangan warna hitam, senter, parang jenis mandau, dua buah sajam mata tombak, satu buah HP Nokia hitam, tas warna biru merek My Trip Adventure yang berisi ketapel dengan pelor gotri, pisau, Batrei ABC, kunci-kunci lengkap, sarung tangan, baju dan celana, serta puluhan barang bukti lainnya. “Jadi mereka ini kelihatannya memang ada persiapan dan merupakan pelaku pencurian sarang burung walet. Kita berterima kasih kepada masyarakat, yang telah dengan cepat menyampaikan laporan kepada kita. Sehingga para pelaku berhasil ditangkap,” pungkasnya. (eri/ala/dar)