Jum`at, 09-02-2018 jam, 11:04:29
DPRD Kota

Perlu Perbaikan Mental

Perlu Perbaikan Mental
Beta Syailendra
Untuk Jauhi Pungli

PALANGKA RAYA - Guna mencegah dan memberantas pungutan liar yang terjadi, Inspektorat Palangka Raya terus mengoptimalkan peran personil di Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

Menanggapi hal tersebut Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya Beta Syailendra mengatakan untuk menjauhi pungutan liar, maka perlu adanya perbaikan mental.

“Perbaikan mental itu berkaitan dengan mental para Aparatur Sipil Negara maupun masyarakat yang berkaitan dengan praktek pungutan liar yang sering terjadi,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut saat berbincang dengan Kalteng Pos, kemarin (8/2).

Menurut Beta, pihaknya selaku anggota legislatif tentu sangat mendukung upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota melalui dinas terkait, guna melakukan pemberantasan kepada praktek pungli yang terjadi dengan melakukan sosialisasi melalui spanduk atau banner.

“Itu merupakan salah satu cara untuk meminimalisir praktek pungli yang terjadi selama ini. Namun hal yang lebih penting dari itu adalah mental yang masih perlu diperbaiki,” ungkapnya.

Mental yang dimaksudkan Beta adalah bahwa memberikan ataupun menerima pungli adalah hal yang sangat tidak dibenarkan, karena dapat merusak sistem yang ada dan berlaku selama ini.

“Dari sisi masyarakat, dengan memberikan pungli merupakan dukungan yang diberikan secara langsung dan tidak dibenarkan untuk dilakukan,” jelasnya lagi.

Sehingga hal yang tentu menjadi fokus juga adalah merubah pola pikir baik dari apparatus maupun masyarakat, karena pungli merupakan kegiatan interaktif dimana yang satu memberi dan yang satu menerima.

“Sebab kalau tidak ada salah satu, maka tidak akan terjadi. Namun kami tentu tidak akan menyalahkan salah satu pihak. Namun karena ada peluang maka kemungkinan bisa saja terjadi,” ungkapnya.

Dengan demikian ditegaskannya hal yang paling hakiki adalah untuk memberantas pungli tentu mental yang harus diperbaiki, guna mewujudkan Palangka Raya yang semakin baik..(nue/ram/iha)