Sabtu, 10-02-2018 jam, 05:49:30

Prorakyat, Pelopori Pembangunan Desa

Prorakyat, Pelopori Pembangunan Desa
Anggota DPD RI, Muhammad Mawardi (empat dari kanan) berbincang santai dengan beberapa tokoh masyarakat Kapuas belum lama tadi. //MEDIA CENTER 2M UNTUK KALTENG POS

KUALA KAPUAS-Komitmen bakal calon bupati Kapuas, H Muhammad Mawardi dalam membangun desa tak dapat diragukan. Bahkan bupati Kapuas periode 2008-2013 itu telah mempelopori pembangunan desa melalui program Desa Amanah. Program yang sangat prorakyat itu digulirkan Mawardi jauh sebelum pemerintah pusat menggulirkan program Dana Desa (DD). Ketika itu, pemkab Kapuas memberikan alokasi anggaran khusus untuk program tersebut.

Di mana, dalam program tersebut, Pemkab Kapuas ketika itu mengalokasikan anggaran sebesar Rp100 juta setiap desa. Anggaran tersebut di luar Anggaran Dana Desa (ADD). Anggaran Desa Amanah sendiri dipergunakan untuk pembangunan infrastruktur desa yang perlu penanganan segera. Seperti berbaikan jalan, jembatan maupun rumah ibadah. “Jadi dalam penanganan infrastruktur itu tidak harus menunggu anggaran dari pemerintah daerah. Melalui program Desa Amanah, pemerintah desa dapat segera menanggulangi pembangunan di desa yang sifatnya mendesak,” kata Mawardi.

Melalui program tersebut, lanjut dia, pembangunan juga dapat dilakukan secara efisien. Karena, tegas dia, dalam pelaksanaannya dilakukan secara swakelola yang melibatkan masyarakat. “Sebelum pemerintah pusat menggulirkan program DD, Kapuas sudah melakukan program serupa melalui program Desa Amanah,” papar dia.

Program itu, lanjut Mawardi, sejalan dengan program DD yang digulirkan pemerintah pusat. “Tujuannya sama. Mempercepat pembangunan di desa dan menyediakan infrastruktur yang memadai bagi masyarakat perdesaan dan itu sudah pernah kami lakukan,” tandas Mawardi. (mc-2m/dar)