Jum`at, 09-02-2018 jam, 10:01:36

TEGAS ! FORMAD Tolak Pembentukan Komunitas 212 Mart Sampit

TEGAS ! FORMAD Tolak Pembentukan Komunitas 212 Mart Sampit
Bachtiar Efendi

PALANGKA RAYA – Rencana pembentukan komunitas 212 Mart Sampit yang akan digelar di Kota Sampit, Minggu (11/2), ditolak keras oleh Forum Masyarakat Adat Dayak (FORMAD) Kalteng. Ketua FORMAD Kalteng, Bachtiar Efendi, mengatakan, pembentukan komunitas tersebut dinilai akan menimbulkan konflik sosial yang berada di Bumi Tambun Bungai, yang sudah berjalan aman dan kondusif selama ini. “Kami tentu sangat menolak dengan keras terkait dengan pembentukan komunitas alumni 212 di Kalteng tersebut,” kata Bachtiar Efendi didampingi pelaksana harian Warda Rocky M Dahan, kepada sejumlah awak media, Jumat (9/2) pukul 20.00WIB di Jalan Murai Kota Palangka Raya.

Hal tersebut menyusul beredarnya undangan pembentukan komunitas alumni 212 di Kabupaten Kotawaringin Timur. Dalam undangan yang beredar sendiri tertera pembentukan Komunitas 212 di sampit akan dilakukan pada hari minggu (11/2) Pukul 08.00 WIB di  Gedung Wanita Jalan Ahmad Yani, Kota Sampit. Pengacara kondang tersebut sangat mengharapkan kepada pihak kepolisian dan juga pemerintah setempat untuk tidak memberikan ijin terbentuknya komunitas tersebut. “Apabila terbentuknya komunitas alumni tersebut di Kalteng dikhawatirkan akan mencederai kerukunan yang berlangsung di Kalteng selama ini,” jelasnya dengan nada optimistis.

"Sangat jelas ini adalah salah satu bentuk agar merusak tatanan kerukunan masyarakat Kalteng saat ini, apalagi dibentuk menjelang pelaksanaan Pikada di Kalteng" tambah Bachtiar.

Penolakan yang dilakukan pihaknya kata Bachtar, merupakan bentuk pertanggungjawaban dengan menjaga situasi yang kondusif, di tengah-tengah masyarakat Kalteng. Selain itu, seluruh masyarakat juga diminta untuk berperan aktif dan peduli dengan situasi Kalteng saat ini. “Apabila hal tersebut terselenggara, maka kami akan turun ke jalan bersama masyarakat. Karena semua elemen masyarakat dan juga para pejabat tentu ikut bertanggungjawab dengan situasi yang kondusif yang perlu terus diperlihara,” tegasnya.(nue/dar)