Jum`at, 09-02-2018 jam, 11:06:32
DPRD Kota

Tepatkan Tenaga Teknis di DPM PTSP

Tepatkan Tenaga Teknis di DPM PTSP
Riduanto

PALANGKA RAYA - Penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu oleh Pemko Palangka Raya sudah dijalankan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 tahun 2017. Dengan telah diberlakukannya perda tersebut, sudah saatnya pemko untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk dapat diketahui dengan baik.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh anggota Komisi A DPRD Palangka Raya Riduanto.

 

“Seluruh jajaran pemko melalui Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) sudah harus melakukan sosialisasi perda ini,” katanya saat dihubungi per telepon, kemarin.

 

Dijelaskan politisi PDIP tersebut, bertujuan agar masyarakat mengetahui tentang informasi pelayanan terpadu satu pintu ini akan mempermudah pengurusan perizinan dalam berbagai urusan.

Dengan demikian masyarakat juga akan mengetahui bahwa telah memiliki peraturan penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu, yang berlaku di pemerintahan saat ini. Pihaknya juga sudah mendapatkan informasi nahwa sosialisasi tersebut telah dilakukan dan dihadiri oleh seluruh instansi terkait yang berada dijajaran pemko, di Pelabuhan Rambang beberapa waktu lalu. Namuin demikian sosialisasi tentu harus tetap berlanjut dan tetap diparlukan.

“ Kami punya tiga kali sosialisasi dan diharapkan semua sosialisasi tidak hanya dilakukan, tetapi juga perlu dilihat apakah penyampaian tersebut sudah tepat sasaran dan dapat diterima oleh masyarakat atau tidak,” katanya.

Pelayanan satu pintu juga menurutnya sebagai suatu wujud nyata dari suatu pelayanan publik yang cepat, murah, mudah, transparansi, pasti dan juga terjangkau terkait dengan perizinan.

Bebagai perizinan yang dimaksud di antaranya surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Izin Trayek, Izin Apotek dan juga perizinan lainnya.

 “Mestinya dinas-dinas terkait menempatkan tenaga teknisnya masing-masing di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP),” ungkap Riduan. (nue/ram/iha)