Selasa, 13-02-2018 jam, 10:31:37

Banyak Perusahaan Belum Mendaftar

Banyak Perusahaan Belum Mendaftar


Liga Pekerja Diundur

PALANGKA RAYA-Akibat masih banyaknya pihak perusahaan yang belum mendapatkan surat undangan, akhirnya kompetisi Liga Pekerja Indonesia tahun 2018 tingkat Provinsi Kalteng ditunda. Sejatinya kickoff akan dilakukan pada tanggal 12 Februari, tetapi penitia menunda seminggu lagi dan akan dihelat pada tanggal 19 Februari 2018 datang. Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Kompetisi Liga Pekerja Indonesia (LIPESIA), Budiyantoro belum lama ini.

 “kami mendapatkan informasi bahwa beberapa tim akan mengikuti, tetapi karena waktunya mepet sehingga meminta agar diundur. Kami tentunya memberikan waktu satu minggu lagi,”katanya.

Namun demikian persiapan terus dilakukan oleh pihak panitia penyelenggara, mulai dari segi anggaran maupun dari persiapan perangkat pertandingan dan lain-lain sudah maksimal. Untuk masalah peserta hingga saat ini sudah ada sekitar tujuh tim yang telah melakukan pendaftaran dan memastikan ikut dalam kompetisi LIPESIA tahun 2018 ini. Ketujuh tim tersebut diantaranya Bank Mandiri, PT Tunas Agro Subur Kencana, Best Group Sampit, Bank BTN, Garuda Airlines dan juga Karya Dwi Putra (KDP) Kasongan.

“ Kami  harapkan partisipasinya dari Bank Kalteng, Astra, MTU Barsel dan beberapa tim lainnya untuk memenuhi 16 kuota yang disediakan panitia,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebelumnya telah menyampaikan kepada Disnaker masing-masing kabupaten kota, namun karena sedikit miskomunikasi sehingga perusahaan yang ada belum mendapatkan undangan tersebut. Sedangkan persyaratan khusus panitia yang berada ditingkat Kalteng, selain merupakan pekerja yang berasal dari perusahaan yang bersangkutan, juga memperbolehkan untuk mengambil lima pemain yang berasal dari luar perusahaan.

 “Regulasi ini hanya dilaksanakan pada saat kompetisi, apabila tim tersebut menjadi juara, maka tetap kembali kepada aturan yang ditetapkan sebelumnya,”pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalteng Syahril Tarigan mengatakan kompetisi ini merupakan pertama kalinya liga pekerja digelar di Kalteng. Sehingga dari segi kepesertaan masih belum memenuhi kuota yang dipersiapkan yaitu sebanyak 16 tim.“Kendalanya terutama dengan waktu persiapan yang sangat mendadak. Kami  yakin tahun-tahun yang akan datang akan menjadi jauh lebih baik,”ujarnya.

Berkaitan dengan masalah kendala lainnya diantaranya selain persiapan juga sistem penganggaran, sehingga pihaknya mengharapkan dari donasi dan juga sponsorship yang akan berpartisipasi nanti. Selain itu Disnakertrans Provinsi  juga berencana dimasa yang akan datang  akan melakukan seleksi dimulai dari tingkat Kabupaten kota, karena diyakini pasti banyak potensi pemain yang memiliki kualitas dilingkungan perusahaan yang ada.

“ Selain supaya lebih berkualitas, tim yang lolos ketingkat provinsi adalah betul -betul tim yang sangat siap baik dari segi financial maupun pemainnya. Nantinya tim yang akan menjadi juara harus tampil ditingkat nasional,” jelasnya. (nue/son/dar)