Minggu, Tanggal 11-03-2018, jam 02:10:15

Taklukkan Kelingking Secret Point Nusa Penida

Taklukkan Kelingking Secret Point Nusa Penida
Destinasi Kelingking Secret Point di Nusa Penida sangat indah dan alami. Lokasinya sangat menantang. (KUSUMA YONI/BALI EXPRESS)

KAWASAN pariwisata di Pulau Bali tidak saja terfokus di daratan, apalagi  Bali memiliki beberapa pulau eksotik, seperti Kelingking Secret Point di Nusa Penida. Perkembangan pariwisata di Nusa Penida saat ini sangat pesat. Kunjungan wisatawan asing dan domestik terus meningkat setiap tahunnya ke wilayah yang secara administratif menjadi bagian dari Kabupaten Klungkung ini. Tren ini seiring perkembangan akomodasi pariwisata di Nusa Penida yang  cukup pesat, termasuk fasilitas penginapan yang bertumbuh terus.

Salah satu destinasi yang terkenal di Nusa Penida adalah Kelingking Secret Point yang berlokasi di Dusun Karang Dawa,  Desa Bunga Mekar,  Kecamatan Nusa Penida. Selain pantai berpasir putih yang masih alami,  panorama alam yang menawan, mulai dari hamparan bukit hingga lautnya yang biru, Kelingking Secret Point, juga menjadi salah satu tempat untuk mengamati Pari Manta. 

Salah satu turis lokal yang terpesona dengan Kelingking Secret Point adalah Ida Ayu Trisari Ningsih. Wisatawan asal Gianyar ini tertarik berwisata ke Kelingking Secret Point karena keindahan alam dari pantainya yang masih alami. Dayu sengaja menyeberang ke Nusa Penida hanya untuk melihat keindahan Kelingking Beach. "Saya tertarik untuk datangkarena pantai ini merupakan salah satu spot untuk mengamati pari manta," jelasnya kepada Bali Express (Jawa Pos Group), Jumat (2/3) kemarin.

Untuk mencapai Kelingking Secret Point, diakui Dayu memang memerlukan perjuangan yang cukup panjang. Mulai dari menyeberang dari dermaga Sanur hingga menyusuri medan yang cukup menantang dari Dermaga Sampalan ke Desa Bunga Mekar, juga sedikit trekking melalui jalur yang masih alami untuk sampai di kawasan Kelingking Secret Point.

Setibanya  di areal parkir kawasan Kelingking Secret Point, wisatawan akan disambut dengan pemandangan laut biru yang ada di bagian bawah. Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp 5 ribu untuk pengendara motor dan Rp 10 ribu untuk pengendara mobil, perjuangan melalui tebing untuk sampai ke bibir Pantai Kelingking Secret Point pun dimulai. Dayu mengakui, jika jalur menuruni tebing ini memang cukup terjal, karena jalur ini masih alam,  terdiri kerikil kapur.

"Untuk akses ke pantai dari tempat parkir,  saat ini memang masih sedikit sulit, karena jalur masih dipenuhi kerikil, sehingga pangunjung harus hati-hati ketika melalui jalur ini," terangnya.

Setelah 30 menit trekking menyusuri tebing,  pengunjung pun tiba di bibir Pantai Kelingking Secret Point. Birunya air laut disebutkan Dayu seakan menyambut para pengunjung, sehingga perjuangan menyusuri jalur trekking sepanjang 400 meter tidak sia-sia. Sesampai di pantai, wisatawan bisa melakukn beragam aktivitas, mulai dari bersantai di pantai berpasir putih hingga melakukan diving atau snorkling. 


Khusus untuk mengamati Pari Manta ini, lanjut Dayu, bisa dilakukan dari anjungan yang ada di kawasan Kelingking Secret Point. Jika lapar,  pengunjung tudak perlu khawatir,  karena di sekitar pantai ini ada cukup banyak warung dengan berbagai hidangan pelepas dahaga, seperti kepala muda yang dibanderol mulai Rp20 ribu per buah.

"Banyak turis yang kelelahan menuruni trekking bukit Kelingking,  Butuh istirahat sejenak sembari mengusap peluh dan menyeruput es degan. Mengingat trekking menuju pantai di bawah sangat curam, apalagi saat  cuaca terik," paparnya.   


Abadikan Kenangan di Pohon Cinta
Di Kelingking Secret Point, wisatawan juga bisa menemukan satu spot foto yang sangat instagramable. Spot ini dikenal oleh wisatawan dengan nama Pohon Cinta. Di Pohon Cinta ini, wisatawan bisa mengabadiakn gambar dari atas pohon dengan latar belakang laut yang biru. Selain itu, dari Pohon Cinta ini, pengunjung juga bisa mengabadikan gambar dengan latarbelakang Pantai Nusa Penida dari atas ketinggian.Disebut Pohon Cinta karena selama ini banyak pasangan wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, sering menggunakan pohon ini untuk latar belakang beraksi mengukir kenangan.

“Dari dulu spot ini sering digunakan sebagai spot foto oleh pengunjung yang berpasangan, baik itu wisatawan asing maupun domestik,” terang Arianta, salah seorang freelance driver lokal di kawasan wisata ini.
Untuk mengambil gambar di Pohon Cinta ini, wisatawan akan diberikan fasilitas tangga untuk menaiki pohon. Setelah berada di atas, tangga akan diambil dan tour guide mengambil foto dengan kamera ataupun kamera handphone milik pengunjung. Setelah aktivitas fotografi selesai dilakukan, pengunjung akan dibantu turun dengan menggunakan tangga yang sama.

“Untuk aktivitas foto di Pohon Cinta ini tidak dikenakan biaya, karena Pohon Cinta ini merupakan fasilitas alami yang ada di Kelingking Secret Point,” pungkas  Arianta. (bx/gek/yes/JPR)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 16 Aug 18


Minggu, 01-07-2018 : 08:05:10
Cantiknya 8 Wisata Manado

MANADO-Jika membayangkan Manado, Sulawesi Utara (Sulut), pasti Bunaken yang terlintas di benak pembaca. Lantaran, Bunaken memang sudah menjadi d ... Read More

Minggu, 24-06-2018 : 05:06:57
Cerita dari Masupa Ria

Masupa Ria, salah satu desa di Kecamatan Mandau Talawang, Kabupaten Kapuas, Kalteng. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang terkadang menimbulkan kepenatan. Sunyi dan dingin. Banyak cerita yang digal ... Read More

Minggu, 11-03-2018 : 02:10:15
Taklukkan Kelingking Secret Point Nusa Penida

KAWASAN pariwisata di Pulau Bali tidak saja terfokus di daratan, apalagi  Bali memiliki beberapa pulau eks ... Read More

Minggu, 11-03-2018 : 02:07:52
Sensasi Selfie Berasa Era Penjajahan Belanda

Desa Krakitan, Kecamatan Bayat menjadi salah s ... Read More