Minggu, Tanggal 01-04-2018, jam 04:36:26

Simpel dan Fresh di Ragam Nuswantara

Simpel dan Fresh di Ragam Nuswantara
Berbagai rancangan desainer Iwan Tirta yang mengusung budaya khas nusantara dalam gelaran Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2018, beberapa waktu lalu. (Ismail Pohan/INDOPOS)

KEKAYAAN wastra nusantara, batik khususnya, selalu mengilhami desainer Iwan Tirta untuk membuat sebuah rancangan. Kembali mengusung citra batik, Iwan memperkenalkan koleksi busana Spring/Summer 2018 di gelaran Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW).

Kali ini, mengusung tema "Nuswantara", dia mempersembahkan rangkaian koleksi batik Jawa Tengah yang dipadu apik dengan batik wilayah lain yang kental budaya Eropa dan Jepang. Marketing Manager Iwan Tirta Private Collection Rindu M Pradnyasmita mengatakan, Nuswantara berasal dari kata Nusantara. Terdiri dari rangkaian pulau dengan segala budaya khasnya.

''Batik sendiri sangat erat dengan kultur di Jawa Tengah. Tetapi untuk koleksi Nuswantara Iwan Tirta kali ini tidak hanya menampilkan motif dari Jawa Tengah saja, tapi juga beberapa batik khas Pulau Jawa lainnya," terangnya dalam pembukaan PIFW, beberapa waktu lalu.

Kombinasi itu bisa terlihat dari kolaborasi motif Boketan dan Hokokai yang sangat feminin, serta banyak dipengaruhi dari budaya Eropa dan Jepang. Hal tersebut, lanjutnya, diaplikasilan melalui motif batik menyerupai gradasi yang biasanya ditampilkan pada motif batik mega mendung. 

''Sebanyak 24 koleksi wanita ready to wear dengan kombinasi warna biru, ungu, marun, hitam, dan putih dalam material organza, cotton viscose, satin silk yang dikombinasikam dengan kain tenun,'' paparnya. Creative Director Iwan Tirta Private Collection Era Soekamto menambahkan, koleksi kali ini lebih terkesan fresh, young, dan simple.

Keunikan koleksi terlihat dari penggabungan motif batik berbagai daerah di Indonesia seperti Cirebonan dan Mega Mendung. ''Untuk koleksi Spring/Summer 2018 kita mengangkat kekayaan adat istiadat dan budaya Nusantara yang beragam. Sedangkan untuk motifnya sendiri ter-influence dari motif Eropa, Jepang, Tiongkok, dan Hokokai yang lebih fresh,'' beber Era.

Dengan mengusung look yang simpel dan fresh,  koleksi Nuswantara diperuntukkan bagi wanita modern yang menyukai kepraktisan dalam kesehariannya. Tanpa menanggalkan sisi elegan, etnik, dan tradisional dalam tiap detail bajunya. 

''Motif yang kita gunakan belum pernah ada di koleksi sebelumnya. Siluet koleksi ini very modern karena memang DNA-nya Iwan Tirta kan sangat elegan dan mature,'' tutupnya. (dew/indopos/ila)




BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 21 Apr 18


Kamis, 19-04-2018 : 11:24:23
Cetar Membahana, Begini Cara Lipstik Tahan Lama

LIPSTIK menjadi kewajiban yang selalu dipakai oleh wanita. Warna mencolok seperti merah menjadi andalan wanita untuk tampil lebih sempurna. Namun, mobilitas yang tinggi membuat warna lipstik akan memudar. Utamanya, saat makan atau minum. Terdapat cara yang dapat dilakukan untuk lipstik tetap awet di bibir. Dilansir dari Boldsky, berikut ini cara yang tepat ag ... Read More

Kamis, 19-04-2018 : 11:19:46
Semangat Kartini, WITT ; Perempuan Indonesia Lebih Anggun tanpa Rokok

TAK hanya kaum laki-laki, saat ini tidak sedikit para perempuan yang ikut mengisap rokok secara aktif. Faktor lingkungan dan gaya hidup masih menjadi alasan kuat para perempuan merokok. Melihat kenyataan tersebut, sebuah kampanye yang diprakarsai oleh asosiasi Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) dibuat untuk memberikan penyuluhan kepada perempuan agar terbebas dari rokok.

Read More