Rabu, Tanggal 11-04-2018, jam 04:34:35
Kesehatan

Bahaya! Jangan Kucek Mata Anda

Bahaya! Jangan Kucek Mata Anda
ilustrasi

SAAT lelah, tubuh Anda akan menunjukan gesture akan kondisi tersebut, mulai dari menguap hingga mata yang perih, berair dan terasa berat.

Dalam kondisi seperti ini, mereka yang ingin tetap terjaga dari kantuk biasanya akan mulai mengucek matanya. Kebiasaan banyak orang ini memang terbukti secara ilmiah memberi manfaat, dalam hal ini membuat Anda merasa terjaga seketika.

Namun perlu dicatat, ketika manfaatnya memang nyata, namun ketika dilakukan terus menerus, hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada pengelihatan sekaligus mempengaruhi fitur wajah Anda.

Menurut Anupama B. Horne, M.D., chief for comprehensive ophthalmology di Duke Eye Center, kebiasaan Anda mengucek mata, terlebih ketika dilakukan terlalu kasar, dapat memicu terjadinya kerusakan pada mata dan struktur di sekitarnya.

Jika ada debu, lanjut dia, atau partikel lain pada permukaan mata, dapat menyebabkan luka gores pada kornea mata, dan menurut dia, kondisi ini rasanya sakit bukan main. Sensasinya mirip seperti ada yang nyangkut di biji mata, sakitnya sendiri bisa bertahan dalam yang cukup lama.

Selain masalah di atas, kebiasaan mengucek mata yang kasar juga dapat menyebabkan terjadinya pecahnya pembuluh dari di bagian putih mata dan lainnya, kebiasaan ini dapat memicu terciptanya lingkaran hitam di wajah, membuat Anda jadi terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Tunggu, jika Anda pikir masalahnya berhenti di situ, Anda salah besar. Menurut Dr. Horne, pada kasus yang lebih serius, kebiasaan mengucek mata, pada orang tertentu, dapat menyebabkan penipisan progresif dan perubahan pada bentuk kornea mata atau disebut keratoconus.

Ketika hal ini terjadi, maka yang Anda rasakan pertama kali adalah penurunan pada kemampuan Anda melihat. Operasi mata adalah satu-satunya cara untuk mengatasi kondisi ini.

Jika Anda merasa perlu untuk mengucek mata, maka pilihan terbaik Anda seharusnya jatuh pada obat tetes mata dan tinggalkan kebiasaan lama Amda. (ruf/fajar/JPG)



BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 26 Apr 18


Kamis, 26-04-2018 : 06:30:18
Gagalkan Penjambretan, 6 Prajurit Dapat Penghargaan

KUBU RAYA-Aksi prajurit Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura dalam menggagalkan aksi penjambretan viral di media social (medsos). Dua pelaku jambret di Tanjung Raya Dua, Pontianak, Kalimantan Barat berhasil dirungkus setelah terjadi aksi saling kejar. Tepatnya sesaat setelah kedua pelaku merampas ponsel milik seorang pelajar.

Ketika itu, pelaku beraksi di daerah Ambawang Kub ... Read More

Rabu, 25-04-2018 : 09:54:04
Obesitas dan Rokok Sama-sama Berbahaya

Merokok dan obesitas, seakan sudah biasa dalam kehidupan seiring berkembangnya gaya hidup masyarakat. Orang merokok dihantui oleh segudang risiko kesehatan yang membahayakan. Begitu juga berbagai risiko komplikasi akibat obesitas yang tidak boleh disepelekan. Lalu mana yang paling berbahaya, merokok atau obesitas?

Dalam keterangan tertulis hello sehat, Senin (23/4) lalu, ... Read More