Selasa, Tanggal 17-04-2018, jam 07:06:03
Tingkatkan Pariwisata, Berdayakan Masyarakat Pinggiran Sungai Kahayan

Tingkatkan Pariwisata, Berdayakan Masyarakat Pinggiran Sungai Kahayan

Tingkatkan Pariwisata, Berdayakan Masyarakat Pinggiran Sungai Kahayan
Calon wali kota Tuty Dau bersama ibu-ibu pengajian usai berdialog tentang program ke depan untuk membangun Palangka Raya. (AZA KALTENG POS)

PALANGKA RAYA – Menjadi wali kota dan wakil wali Kota Palangka Raya bukanlah hal yang gampang. Selain harus memiliki pengalaman sebagai politikus, juga harus memiliki pengetahuan yang banyak di pemerintahan. Tuty Dau-Rahamadi (DARA) pasangan nomor 1 ini, adalah pasangan yang paling ideal untuk memimpin Kota Palangka Raya ke depannya.

Dengan segudang pengalaman yang dimiliki, Rahmadi seorang birokrat yang pernah menjabat di bappeda kota ini, bertekad untuk membangun Palangka Raya bersama dengan Tuty Dau. Salah satu program yang akan pasangan DARA ini jalankan adalah meningkatkan pariwisata, dengan memberdayakan masyarakat di pinggiran sungai Kahayan. 

Jika wisata  bisa ditingkatkan, baik  sarana prasarana maupun hal lainnya yeng berkaitan dengan wisata, maka itu juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat. Nantinya, pasangan DARA ini akan memoles kawasan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Kahayan, untuk dijadikan wadah wisata.

“Lanting dan beberapa tempat yang ada dibantaran sungai Kahayan akan kami percantik, dengan dicat warna warni. Kami tegaskan agar tidak menggusur lokasi seberang, tenang saja tidak akan ada yang digusur. Malah kami akan tingkatkan ekonomi di sana dan menjadikannya tempat wisata,” kata Rahamdi. 

Selain itu, jika nanti ada masyarakat yang suka berdagang atau berdagang secara online, akan pihaknya bantu, dengan meningkatkan beberapa keterampilan positif. Contoh, Pahandut Seberang memelihara ikan, nantinya DARA akan mencanangkan agar membentuk pelatihan ketarampilan untuk membuat makanan ringan dari ikan yang ada di keramba itu.

“Jadi kita akan imbau, jika ikannya banyak maka jangan jual murah, karena kami akan adakan pelatihan, misalnya membuat amplang dan makanan ringan lainnya dari bahan dasar ikan,” jelasnya.

Menurut Rahmadi,  program pihaknya untuk meningkatkan ekonomi di sekitar bantaran sungai melalui wisata, sangat bisa dilakukan. Namun, hal itu tergantung siapa yang pemimpin. Untuk itu, tegas Rahmadi, jika DARA terpilih, maka masyarakat di bantaran sungai akan dijadikan tempat wisata.

“Contoh, di seberang sungai akan dilihat bagus, jika di cat warna-warni. Yang dulunya yang kumuh akan kami pemoles supaya tidak terlihat kumuh lagi dan menjadi tempat wisata, yang bisa menguntungkan bagi masyarakat sekitar,” tegasnya. (aza/uyi/CTK/dar)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 22 Jul 18


Rabu, 11-07-2018 : 11:58:51
Polisi Segera Panggil Enam Penyalahguna Formulir C-6

PALANGKA RAYA–Perkara dugaan pelanggaran pilkada, akan segera dilimpahkan. Selain sudah mengantongi identitas keenam pelaku, Polres Palangka Raya masih melakukan penyelidikan ... Read More

Jum`at, 06-07-2018 : 07:20:06
Hasil Pleno KPU, Windu-Ahmadi Raih Suara Terbanyak

SUKAMARA–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukamara telah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi, penetapan dan pengumuman hasil perhitungan perolehan suara pada pemi ... Read More

Kamis, 05-07-2018 : 05:18:00
Pleno KPU Gunung Mas, Jaya-Efrensia Tetap Unggul

KUALA KURUN–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup ... Read More

Senin, 02-07-2018 : 11:53:40
Panwaslu Diminta Tindaklanjuti Laporan

KUALA KURUN – Kuasa hukum salah satu pasangan calon di Pilkada Gunung Mas, Dekie  GG Kasenda menyerahkan pernyataan sikap resmi kepada Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) ... Read More