Selasa, Tanggal 17-04-2018, jam 07:06:03
Tingkatkan Pariwisata, Berdayakan Masyarakat Pinggiran Sungai Kahayan

Tingkatkan Pariwisata, Berdayakan Masyarakat Pinggiran Sungai Kahayan

Tingkatkan Pariwisata, Berdayakan Masyarakat Pinggiran Sungai Kahayan
Calon wali kota Tuty Dau bersama ibu-ibu pengajian usai berdialog tentang program ke depan untuk membangun Palangka Raya. (AZA KALTENG POS)

PALANGKA RAYA – Menjadi wali kota dan wakil wali Kota Palangka Raya bukanlah hal yang gampang. Selain harus memiliki pengalaman sebagai politikus, juga harus memiliki pengetahuan yang banyak di pemerintahan. Tuty Dau-Rahamadi (DARA) pasangan nomor 1 ini, adalah pasangan yang paling ideal untuk memimpin Kota Palangka Raya ke depannya.

Dengan segudang pengalaman yang dimiliki, Rahmadi seorang birokrat yang pernah menjabat di bappeda kota ini, bertekad untuk membangun Palangka Raya bersama dengan Tuty Dau. Salah satu program yang akan pasangan DARA ini jalankan adalah meningkatkan pariwisata, dengan memberdayakan masyarakat di pinggiran sungai Kahayan. 

Jika wisata  bisa ditingkatkan, baik  sarana prasarana maupun hal lainnya yeng berkaitan dengan wisata, maka itu juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat. Nantinya, pasangan DARA ini akan memoles kawasan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Kahayan, untuk dijadikan wadah wisata.

“Lanting dan beberapa tempat yang ada dibantaran sungai Kahayan akan kami percantik, dengan dicat warna warni. Kami tegaskan agar tidak menggusur lokasi seberang, tenang saja tidak akan ada yang digusur. Malah kami akan tingkatkan ekonomi di sana dan menjadikannya tempat wisata,” kata Rahamdi. 

Selain itu, jika nanti ada masyarakat yang suka berdagang atau berdagang secara online, akan pihaknya bantu, dengan meningkatkan beberapa keterampilan positif. Contoh, Pahandut Seberang memelihara ikan, nantinya DARA akan mencanangkan agar membentuk pelatihan ketarampilan untuk membuat makanan ringan dari ikan yang ada di keramba itu.

“Jadi kita akan imbau, jika ikannya banyak maka jangan jual murah, karena kami akan adakan pelatihan, misalnya membuat amplang dan makanan ringan lainnya dari bahan dasar ikan,” jelasnya.

Menurut Rahmadi,  program pihaknya untuk meningkatkan ekonomi di sekitar bantaran sungai melalui wisata, sangat bisa dilakukan. Namun, hal itu tergantung siapa yang pemimpin. Untuk itu, tegas Rahmadi, jika DARA terpilih, maka masyarakat di bantaran sungai akan dijadikan tempat wisata.

“Contoh, di seberang sungai akan dilihat bagus, jika di cat warna-warni. Yang dulunya yang kumuh akan kami pemoles supaya tidak terlihat kumuh lagi dan menjadi tempat wisata, yang bisa menguntungkan bagi masyarakat sekitar,” tegasnya. (aza/uyi/CTK/dar)



BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 21 Apr 18


Jum`at, 20-04-2018 : 11:38:01
AS Diminta Perhatikan Masalah Air

PURUK CAHU - Kampanye dialogis Cabup H Aprian Noor SSos di Kelurahan Angkang, Murung Raya (Mura) mendapat sambutan hangat, Rabu (18/4).  Antusias masyarakat ingin perubahan dan warga meminta pasangan ini memperhatikan masalah air yang merupakan kebutuhan dasar. 

Permintaan warga tidak banyak, hanya memenahi air yang mengalir dari PDAM,&nb ... Read More

Jum`at, 20-04-2018 : 11:22:07
Sabuh Jadi Basis Koyem-Sugianto

MUARA TEWEH-Desa Sabuh, Kecamatan Teweh Baru, Barito Utara menjadi basis Cabup Batara H Nadalsyah dan Cawabup Sugianto Panala Putra. Buktinya, dukungan warga terhadap pasangan calon nomor urut 1 ini tak terbendung. Cabup dan Cawabup Batara itu diminta memimpin periode 2018-2023.

Hal itu terungkap dalam pertemuan terbatas pasangan H Nadalsyah-Sugianto Panala Putra di D ... Read More