Selasa, Tanggal 17-04-2018, jam 08:46:26

Ciptakan Sentra Perekonomian Melalui Smart Village

Bupati Resmikan Pasar Desa dan Kampung Pintar
Ciptakan Sentra Perekonomian Melalui Smart Village
Bupati Sukamara H Ahmad Dirman ketika Pasar Desa dan Kampung Pintar, Desa Jihing, Kecamatan Balai Riam, Senin (16/4). (RID/KALTENG POS)

SUKAMARA–Bupati Sukamara H Ahmad Dirman meresmikan pasar desa dan kampung pintar di Desa Jihing, Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara, Senin (16/4). Hal tersebut sesuai dengan jargon pemerintah yakni memfokuskan pembangunan ke daerah desa atau kampung. “Pandangan bahwa kota lebih maju, lebih canggih, atau lebih sejahtera perlu dibalik dengan langkah-langkah inovatif yang salah satunya adalah menciptakan sentra perekonomian desa melalui pasar desa dan kampung pintar (smart village) ini,” ucapnya usai peresmian tersebut.

Menurutnya, secara tegas apa saja yang dapat dilakukan dan bagaimana cara untuk meningkatkan desa agar bisa setara dengan kota secara cepat dan berkesinambungan. Tentunya, pasar desa memiliki peranan penting sebagai salah satu pendorong pendukung pembangunan masyarakat desa. “Hal ini dapat kita amati bahwa fungsi dan keberadaan pasar yang seiring perkembangan jaman tidak hanya difungsikan sebagai nilai ekonomis saja tetapi lebih dari itu untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, pembangunan pasar desa atau pasar tradisional ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah desa melalui alokasi pendapatan dan belanja desa (apbdes) untuk memberdayakan usaha ekonomi skala mikro, kecil dan menengah.“Tujuanya adalah untuk meningkatkan pendapatan para pedagang, memberikan sarana usaha yang layak bagi pedagang tradisional desa, meningkatkan sarana dan prasarana serta akses pemasaran produk lokal serta sebagai sarana pembelajaran dan sekaligus memberdayakan masyarakat desa,” ungkapnya.

Bupati berharap, agar adanya dukungan perbankan dalam memberikan kredit lunak kepada pelaku usaha. serta  terus menerus mendapat pembinaan, evaluasi dari lembaga-lembaga terkait. “Saya mengapresiasi atas ditetapkannya Desa Jihing sebagai kampung pintar. Dimana, pada dasarnya merupakan kampung mandiri yang memiliki karakter dan potensi kearifan lokal, yang bisa dikembangkan untuk mencipta ataupun meningkatkan produktifitas melalui pemberdayaan masyarakat sekitar secara berkelanjutan,” pungkasnya. (rid/ala/CTK/dar)



BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 21 Apr 18


Jum`at, 20-04-2018 : 02:58:38
Produk Lokal Harus Diperhatikan

PALANGKA RAYA-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng berkomitmen memerhatikan hasil kebun dan pertanian masyarakat lokal. Sebab, komoditas lokal bisa menjadi salah satu sektor penghasil pendapatan untuk daerah bila dikelola secara baik.

“Tentu saja kami punya komitmen terhadap produk lokal. Apalagi bila hal ini benar-benar dikelola dengan baik, tentu dapat membantu kesejahteraan ... Read More

Jum`at, 20-04-2018 : 12:23:46
Diskominfo Pelajari Tarif Retribusi Menara

MUARA TEWEH-Dinas Kominfosandi Batara melakukan studi tiru tata cara pemungutan retribusi pengendalian dan pengawasan menara telekomunikasi, ke Diskominfo Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (18/4).

Dalam studing tiru tersebut, Diskominfosandi Batara mempelajari masalah regulasi perhitungan tarif retribusi menara telekomunikasi, sebagai salah satu upaya pen ... Read More