Selasa, Tanggal 17-04-2018, jam 09:37:35

Kades se Kotim Kebingungan, Dana ADD Menghilang?

Kades se Kotim Kebingungan, Dana ADD Menghilang?
Ilustrasi

SAMPIT-Kepala desa (kades) se Kabupaten Kotawaringin Timur dibuat kebingungan. Sebab hingga saat ini Anggaran Dana Desa (ADD) tahap I yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kotawaringin Timur, belum kunjung masuk ke rekening desa.

Kebingungan para kepala desa itu semakin menjadi, lantaran pihak bank menyatakan belum sama sekali menginput anggaran tersebut. Padahal Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kotawaringin Timur mengaku sudah mentransfer dana itu ke rekening kas masing-masing desa.

“Sampai sekarang ini, ADD belum masuk ke kas rekening desa. Saat kami konfirmasi ke pihak bank, kata tellernya belum sama sekali menginput dana tersebut, padahal kata DPKAD dananya sudah ditransfer,” terang Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan Desa Sungai Paring, Sudirman, saat dikonfirmasi pada waktu mengecek dana tersebut, Senin (16/4).

Menurut Sudirman, belum cairnya anggaran dana desa yang masuk ke kas desa, membuat kepala desa, perangkat, dan RT RW se Kabupaten Kotawaringin Timur belum menerima gaji selama empat bulan terhitung sejak Januari hingga April 2018.

“Saya kira desa kami saja yang lambat ditransfer, tapi setelah dikonfirmasi ke desa lainnya, ternyata semuanya sama, dana tersebut belum juga masuk  ke rekening kas desa,” beber Sudirman.

Sementara itu, Kepala DPKAD Kotim, Kusdinata saat dikonfirmasi mengaku bahwa Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2018 sudah dicairkan dan sudah ditransfer ke rekening kas masing-masing desa.

Adapun total ADD tahun 2018 yang dicairkan sebanyak Rp 27 miliar.

“Kalau ADD bersumber dari APBD Kotim sudah kita cairkan. Sementara untuk dana desa bersumber dari pusat sudah diterima pihaknya, tapi belum  ditransfer  ke rekening kas desa oleh menunggu petunjuk dari Dinas DPMD,” terang Kusdinata.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) saat dikonfirmasi terkait tidak adanya ADD masuk ke rekening kas desa, belum mendapat jawaban.

Terpisah, Ketua DPRD Kotim Jhon Krisli saat diminta keterangan terkait hal itu menyatakan, jika saat ini pihaknya sedang menggelar rapat masalah tersebut. “Sekarang kami sedang rapat membahas hal itu,” jelasnya dengan singkat. (sli)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 22 Jul 18


Sabtu, 21-07-2018 : 10:04:48
Calon Kepsek Definitif Telah Diusulkan

PALANGKA RAYA-Hingga saat ini masih ada sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Palangka Raya yang masih dijabat oleh seorang pelaksana tugas (Plt). Akhirnya dalam mengambil kebijakan tidak ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 09:47:13
KMC Program Pemda untuk Menekan Angka Anak Putus Sekolah

PURUK CAHU- Bupati Murung Raya (Mura), Drs Perdie MA mengatakan, program Kartu Mura Cerdas (KMC) merupakan upaya pemerintah daerah untuk menekan angka anak putus sekolah. Setidakny ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 09:44:20
Titik Api Mulai Bermunculan

KUALA KAPUAS - Titik api akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) saat ini mulai bermunculan dibeberapa wilayah Kalteng, khususnya Kabupaten Kapuas. Tidak ingin musibah silam te ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 09:13:59
Gelanggang Cabor Porprov Dicek

MUARA TEWEH–Guna kesiapan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalteng yang dihelat Oktober 2018 mendatang, sejumlah gelanggang cabang olahraga dicek Bupati Batara, H Nadalsyah, ... Read More