Selasa, Tanggal 17-04-2018, jam 09:42:31

Hadiri Kampanye, Ratusan Warga dan Kapolsek Keracunan

Hadiri Kampanye, Ratusan Warga dan Kapolsek Keracunan
RSUD Pulpis dipenuhi warga yang diduga mengalami keracunan usai mengonsumsi nasi bungkus saat kampanye paslon Bupati dan Wabup Pulpis, Idham dan Ahmad Jayadikarta, Senin (16/4). (BADARUDIN/KALTENG POS)

PULANG PISAU- Ratusan warga yang terdiri dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa harus dilarikan ke puskesmas terdekat dan rumah sakit di Pulang Pisau. Mereka mengalami pusing kepala, mual, muntah hingga sering buang air besar (BAB) sejak Minggu sore (15/4) hingga Senin (16/4). Warga yang jumlahnya mencapai 242 orang itu diduga mengalami keracunan makanan. Karena sebelumnya mereka mengonsumsi nasi bungkus yang dibagikan, setelah mengikuti kampanye Pilkada Pulpis di Desa Garantung, Kecamatan Maliku.  Selain warga, seorang kapolsek yang kebetulan mengamankan dan memantau kampanye itu, sempat mengalami keracunan.

Karena kapolsek itu sempat mencicipi nasi bungkus dari tim sukses salah satu pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati yang berkampanye saat itu. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulpis dr Mulyanto Budihardjo mengatakan, jumlah warga yang diduga keracunan sebanyak 242 orang yang terdata di RSUD Pulpis. Sementara yang di Puskesmas Maliku masih belum tahu jumlah pastinya.  "Namun, sebagian sudah ada yang pulang dan ada juga yang rawat inap," kata Mulyanto, kemarin. 

Dijelaskannya, pihaknya masih belum bisa memastikan bakteri jenis apa yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi masyarakat tersebut. Tapi pihaknya sudah mengambil beberapa sampel dari nasi bungkus itu untuk diuji di laboratorium.  "Seperti bekas muntahan, tempat memasak maupun makanannya. Sudah dikirim ke BPOM Palangka Raya. Mungkin sekitar empat sampai lima hari baru keluar hasilnya," ungkapnya. (bad/ce/ens/CTK/dar)



BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 21 Apr 18


Jum`at, 20-04-2018 : 10:24:35
Junjung Tinggi Toleransi

PALANGKA RAYA-Kapolda Kalteng Brigjen Pol Anang Revandoko menginisiasi Apel Akbar Kebangsaan dalam rangka HUT ke-38 Integrasi Agama Hindu Kaharingan. Pelaksanaan sendiri berjalan meriah dengan dihadiri ratusan orang di Bundaran Besar, kemarin (19/4).

Kegiatan itu untuk pertama kali dilaksanakan di Kalteng. Terkait hal itu, Umat Hindu Kaharingan sangat bangga dan berterima kasih kepada ... Read More

Jum`at, 20-04-2018 : 10:02:51
Disperindagkop Digeledah, Laptop dan Sejumlah Berkas Dibawa

PULANG PISAU- Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindakop) Pulang Pisau (Pulpis) digeledah penyidik kepolisian. Sejumlah petugas menggeledah beberapa ruangan, membawa laptop dan sejumlah berkas, Kamis siang (19/4).  Informasi dihimpun Kalteng Pos di lapangan, penggeledahan itu terkait dugaan kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pembangunan pasar di ... Read More