Selasa, Tanggal 17-04-2018, jam 10:01:14
DPRD Kota

Dishub Harus Perhatikan Kapal Susur Sungai

Dishub Harus Perhatikan Kapal Susur Sungai
Abdul Hayie

PALANGKA RAYA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya angkat bicara tentang keamanan kapal wisata. Semakin menjamurnya kapal wisata atau kapal susur sungai di beberapa tempat wisata di Palangka Raya, dinilai belum sepenuhnya memiliki alat keselamatan yang layak.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Abdul Hayie, mengatakan, kewenangan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya untuk memerhatikan sarana keselamatan kapal wisata. Hal itu harus menjadi perhatian, pasalnya menyangkut keselamatan penumpang yang menggunakan jasa wisata susur sungai.

 “Ini bukan cuma masalah wewenang, memang hal itu penting, tapi yang lebih penting lagi adalah keselamatan penumpang apakah layak atau tidaknya,“ terangnya.

Politikus dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menegaskan, agar Dishub memerhatikan kelayakan kapal atau perahu susur sungai yang ada, apakah perahu itu layak atau tidak untuk berlayar.  Diharapkan, pemerintah tidak lalai, demi keselamatan masyarakat yang menggunakan jasa wisata sungai tersebut.

Menurut dia, sarana keselamatan dan kelayakan berlayar harus dirundingan bersama, antara pemilik kapal dan Dishub Kota Palangka Raya. Jangan sampai nantinya ada kejadian kecelakaan, baru lah diambil langkah untuk menangani. Yang akhirnya saling lempar tanggungjawab.

“Dishub punya kewenangan terhadap pelayaran, jadi berhak mengambil keputusan. Andaikan ada temuan, kurangnya standar berlayar, maka diharapkan Dishub mengambil tindakan tegas kepada pihak pengelola,” tegasnya. (ena/aza/iha/CTK)



BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 21 Apr 18


Jum`at, 20-04-2018 : 11:32:13
Guru Mapel Masih Minim

PALANGKA RAYA - Keberadaan guru Mata Pelajaran (Mapel) masih minim. Akibat minimnya guru mapel tersebut, akhirnya ada guru mapel yang dobel job atau mengajar mapel lain diluar bidang yang dikuasi. Hal tersebut menjadi sorotan Pemerintah Kota Palangka Raya, karena dinilai guru mapel dobel job tidak akan bisa efektif mengajar.

“Ini tidak akan efektif. Kan lucu, pe ... Read More

Jum`at, 20-04-2018 : 11:00:00
Draf Masih Dalam Perbaikan

PALANGKA RAYA - Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Kota Palangka Raya melaksanakan rapat dengan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) membahas draf rancangan peraturan daerah (Raperda) yang diketuai Pansus I DPRD Kota Palangka Raya Beta Syailendra. Rapat tersebut membahas pemanfaatan tanah terlantar, raperda ketertiban umum, raperda penyelenggaraan perpustakaan, raperda penghap ... Read More