Selasa, Tanggal 24-04-2018, jam 04:22:42

Membentuk Karakter Remaja Melalui 4 Pilar

Membentuk Karakter Remaja Melalui 4 Pilar
Anggota MPR RI H Iwan Kurniawan SH, MSi saat menyampaikan tentang konsep 4 Pilar Kehidupan Berbangsa Bernegara kepada sejumlah remaja di Sampit Kotim, beberapa waktu lalu. (Bakom Gerindra For Kalteng Pos)

PALANGKA RAYA-Kuatnya arus modernisasi saat ini, membuat pemahaman mengenai empat pilar kebangsaan perlu untuk digalakan. Pasalnya, penerapan empat pilar kebangsaan belum sepenuhnya diterapkan dalam kehidupan, terutama di kalangan pelajar.

Hal ini disampaikan oleh Anggota MPR RI H Iwan Kurniawan SH, MSi saat mengadakan pertemuan dengan sejumlah pelajar di Sampit Kotim dalam rangka sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan pada 11 Februari 2018 lalu. Dia  mengatakan, penerapan empat pilar kebangsaan merupakan hal yang paling penting dalam membentuk karakter bangsa sebagai modal dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

“Pemahaman empat pilar kebangsaan kepada pelajar, pemuda atau santri itu sangat penting. Sebab hal ini bisa menjadikan generasi muda memiliki peranan dan kontribusi yang penting dalam menentukan Indonesia di masa depan,” ujar dia.

Ditambahkan dia,  setiap komponen dalam empat pilar memiliki kedudukan yang utama sebagai pedoman dan pegangan dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah kehidupan berbangsa. UUD 45 merupakan norma dasar yang menjadi pedoman dalam pemerintahan,  NKRI merupakan pilihan yang harus dipertahankan. Sedangkan Bhineka Tunggal Ika menjadi acauan dalam menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa yang beragam dan tersebar dari Sabang sampai Merauke,” jelas dia.

Lebih lanjut Anggota Komisi X DPR RI dari Dapil Kalteng ini menyebutkan, generasi muda juga memiliki peran strategis dalam memajukan bangsa. Sebab, generasi mudalah yang akan mewarisi Negara dan berkewajiban terus menjaga NKRI yang telah diperjuangkan dengan susah payah oleh para pendiri bangsa.

Dia mengatakan, di era globalisasi ini, banyak sekali  nilai-nilai dari luar sangat bebas masuk ke dalam negeri melalui kemajuan teknologi dan informasi. “Oleh sebab itu, sebagai benteng sekaligus filter tidak lain adalah nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan harus diterapkan,” tukas H Iwan yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Kalteng ini. (tur/CTK)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 16 Aug 18


Kamis, 16-08-2018 : 10:48:05
Waktu Tunggu Keberangkatran Haji Memakan Waktu Lama

KUALA KAPUAS – Keinginan masyarakat Kabupaten Kapuas untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi. Hal itu dapat dilihat dari daftar tunggu calon jemaah haji yang ada di Kantor ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 09:57:04
Sopir Luka Serius, Kernel Tumpah di Jalan

SAMPIT-Truk bermuatan kernel mengalami insiden tak terduga ketika melintas di Jalan Tjilik Riwut Km 02, Selasa (14/8). Tepatnya terlibat tabrakan dengan sebuah mobil Honda CRV yang hendak berputar ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 09:50:12
Legislator Ini Kunjungi Jamaah Haji Kalteng, Ini Pesan-Pesnnya

PANGKALAN BUN-Anggota DPD RI utusan Kalteng, H Muhammad Rakhman Ebol menyempatkan diri bertemu dengan jamaah haji Kalteng di Makkah. Banyak hal yang disampaikan oleh ratusan jamaah, salah satunya t ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 09:18:05
Desa Panaen Dicanangkan Jadi Kampung Merah Putih

MUARA TEWEH-Desa Panaen Kecamatan Teweh Baru Barito Utara dipilih sebagai kampung merah putih yang dicanangkan Polres Batara, Senin (13/8). Pencanangan dilakukan Kapolres Batara AK ... Read More