Selasa, Tanggal 24-04-2018, jam 04:22:42

Membentuk Karakter Remaja Melalui 4 Pilar

Membentuk Karakter Remaja Melalui 4 Pilar
Anggota MPR RI H Iwan Kurniawan SH, MSi saat menyampaikan tentang konsep 4 Pilar Kehidupan Berbangsa Bernegara kepada sejumlah remaja di Sampit Kotim, beberapa waktu lalu. (Bakom Gerindra For Kalteng Pos)

PALANGKA RAYA-Kuatnya arus modernisasi saat ini, membuat pemahaman mengenai empat pilar kebangsaan perlu untuk digalakan. Pasalnya, penerapan empat pilar kebangsaan belum sepenuhnya diterapkan dalam kehidupan, terutama di kalangan pelajar.

Hal ini disampaikan oleh Anggota MPR RI H Iwan Kurniawan SH, MSi saat mengadakan pertemuan dengan sejumlah pelajar di Sampit Kotim dalam rangka sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan pada 11 Februari 2018 lalu. Dia  mengatakan, penerapan empat pilar kebangsaan merupakan hal yang paling penting dalam membentuk karakter bangsa sebagai modal dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

“Pemahaman empat pilar kebangsaan kepada pelajar, pemuda atau santri itu sangat penting. Sebab hal ini bisa menjadikan generasi muda memiliki peranan dan kontribusi yang penting dalam menentukan Indonesia di masa depan,” ujar dia.

Ditambahkan dia,  setiap komponen dalam empat pilar memiliki kedudukan yang utama sebagai pedoman dan pegangan dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah kehidupan berbangsa. UUD 45 merupakan norma dasar yang menjadi pedoman dalam pemerintahan,  NKRI merupakan pilihan yang harus dipertahankan. Sedangkan Bhineka Tunggal Ika menjadi acauan dalam menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa yang beragam dan tersebar dari Sabang sampai Merauke,” jelas dia.

Lebih lanjut Anggota Komisi X DPR RI dari Dapil Kalteng ini menyebutkan, generasi muda juga memiliki peran strategis dalam memajukan bangsa. Sebab, generasi mudalah yang akan mewarisi Negara dan berkewajiban terus menjaga NKRI yang telah diperjuangkan dengan susah payah oleh para pendiri bangsa.

Dia mengatakan, di era globalisasi ini, banyak sekali  nilai-nilai dari luar sangat bebas masuk ke dalam negeri melalui kemajuan teknologi dan informasi. “Oleh sebab itu, sebagai benteng sekaligus filter tidak lain adalah nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan harus diterapkan,” tukas H Iwan yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Kalteng ini. (tur/CTK)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 26 May 18


Sabtu, 26-05-2018 : 01:27:41
HATI-HATI...! Masih Ditemukan Mamin Kedaluwarsa

NANGA BULIK - Polres Lamandau dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau saat bulan Suci Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1439 Hijriyah, menggelar Operasi Pasar. Kegiatan Operasi Pasar/Sidak semba ... Read More

Sabtu, 26-05-2018 : 01:08:32
BERUNTUNG SELAMAT ! Kuda Besi Oleng, Pengendara Motor Penuh Luka

KUALA KAPUAS - Robi (21) Warga Sungai Jangkit Kabupaten Kapuas, mengalami kecelakaan, Kamis (24/5) sekitar pukul 18.45 WIB. Motor yang dikendarainnya oleng hingga membuat pengendara motor Jupiter I ... Read More

Sabtu, 26-05-2018 : 12:18:30
Perusahaan Wajib Laporkan Tenaga Kerja

KUALA KURUN-Permasalahan tenaga kerja di perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Gunung Mas, menjadi perhatian pemerintah daerah. Hal ini menjadi catatan bagi Dinas Tenaga Ker ... Read More

, 25-05-2018 : 12:10:49
BKPSDM Gelar Simulasi Tes CPNS

KUALA PEMBUANG - Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Seruyan menggelar simulasi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kali ini dengan menggunakan sistem as ... Read More