Kamis, Tanggal 26-04-2018, jam 12:36:51

Dewan Bergerak Atasi Sungai Bengaris

Dewan Bergerak Atasi Sungai Bengaris
Anggota DPRD Batara berkunjung ke Pemprov Kalteng untuk membicarakan banjir akibat luapan anak Sungai Barito, Rabu (25/4). Rombongan dewan dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPRD Batara, Henny Rosgiaty Rusli (lima dari kanan) menghasilkan kesimpulan Pemprov Kalteng akan membantu sejumlah sungai di Batara.(DPRD FOR KALTENG POS)

MUARA TEWEH-DPRD Batara bergerak membantu mencarikan solusi banjir di Muara Teweh dan sejumlah desa di bumi Iya Mulik Bengkan Turan. Dewan melaksanakan konsultasi ke Pemprov Kalteng, hasilnya normalisasi sejumlah sungai akan dianggarkan. Termasuk Sungai Bengaris yang ada di jantung kota Muara Teweh.

“Paling tidak solusi untuk banjir, dewan sudah bergerak. Alhamdulillah setelah dari Pemprov untuk Sungai Bengaris dianggarkan 2019,” ucap Wakil Ketua Komisi II DPRD Batara, Henny Rosgiaty Rusli SP MM yang memimpin rombongan legislatif, Rabu (25/4).

Tidak hanya Sungai Bengaris, Pemprov Kalteng akan menormalisasi saluran air Desa Bintang Ninggi, Dam Trahean, Desa Jamut, Desa Pepas dan Kelurahan Montallat.

Lebih lanjut, Henny menjelaskan, Pemprov akan mengukur lahan yang tergenang banjir. Hal itu dilakukan agar kawasan sawah yang sering tergenang banjir dapat diatasi.

“Rencananya Dinas Perkim Kalteng akan melakukan proses pembebasan lahan tahun ini,” terangnya. Sebelum melakukan normalisasi, Pemprov terlebih dahulu membuat perencanaan untuk Desa Pepas, Trahean dan Bintang Ninggi dan Montallat.

Diutarakan Henny, sebelum cetak sawah dibuat sarana dan prasarana. Namun setelah diperbaiki, pemerintah minta jaminan kepada warga agar sawah tidak dialihkan ke perkebunan. “Ini perlu disepakati,” tandasnya. (cah/jun/ctk)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 26 May 18


Sabtu, 26-05-2018 : 01:27:41
HATI-HATI...! Masih Ditemukan Mamin Kedaluwarsa

NANGA BULIK - Polres Lamandau dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau saat bulan Suci Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1439 Hijriyah, menggelar Operasi Pasar. Kegiatan Operasi Pasar/Sidak semba ... Read More

Sabtu, 26-05-2018 : 01:08:32
BERUNTUNG SELAMAT ! Kuda Besi Oleng, Pengendara Motor Penuh Luka

KUALA KAPUAS - Robi (21) Warga Sungai Jangkit Kabupaten Kapuas, mengalami kecelakaan, Kamis (24/5) sekitar pukul 18.45 WIB. Motor yang dikendarainnya oleng hingga membuat pengendara motor Jupiter I ... Read More

Sabtu, 26-05-2018 : 12:18:30
Perusahaan Wajib Laporkan Tenaga Kerja

KUALA KURUN-Permasalahan tenaga kerja di perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Gunung Mas, menjadi perhatian pemerintah daerah. Hal ini menjadi catatan bagi Dinas Tenaga Ker ... Read More

, 25-05-2018 : 12:10:49
BKPSDM Gelar Simulasi Tes CPNS

KUALA PEMBUANG - Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Seruyan menggelar simulasi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kali ini dengan menggunakan sistem as ... Read More