Kamis, Tanggal 26-04-2018, jam 12:36:51

Dewan Bergerak Atasi Sungai Bengaris

Dewan Bergerak Atasi Sungai Bengaris
Anggota DPRD Batara berkunjung ke Pemprov Kalteng untuk membicarakan banjir akibat luapan anak Sungai Barito, Rabu (25/4). Rombongan dewan dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPRD Batara, Henny Rosgiaty Rusli (lima dari kanan) menghasilkan kesimpulan Pemprov Kalteng akan membantu sejumlah sungai di Batara.(DPRD FOR KALTENG POS)

MUARA TEWEH-DPRD Batara bergerak membantu mencarikan solusi banjir di Muara Teweh dan sejumlah desa di bumi Iya Mulik Bengkan Turan. Dewan melaksanakan konsultasi ke Pemprov Kalteng, hasilnya normalisasi sejumlah sungai akan dianggarkan. Termasuk Sungai Bengaris yang ada di jantung kota Muara Teweh.

“Paling tidak solusi untuk banjir, dewan sudah bergerak. Alhamdulillah setelah dari Pemprov untuk Sungai Bengaris dianggarkan 2019,” ucap Wakil Ketua Komisi II DPRD Batara, Henny Rosgiaty Rusli SP MM yang memimpin rombongan legislatif, Rabu (25/4).

Tidak hanya Sungai Bengaris, Pemprov Kalteng akan menormalisasi saluran air Desa Bintang Ninggi, Dam Trahean, Desa Jamut, Desa Pepas dan Kelurahan Montallat.

Lebih lanjut, Henny menjelaskan, Pemprov akan mengukur lahan yang tergenang banjir. Hal itu dilakukan agar kawasan sawah yang sering tergenang banjir dapat diatasi.

“Rencananya Dinas Perkim Kalteng akan melakukan proses pembebasan lahan tahun ini,” terangnya. Sebelum melakukan normalisasi, Pemprov terlebih dahulu membuat perencanaan untuk Desa Pepas, Trahean dan Bintang Ninggi dan Montallat.

Diutarakan Henny, sebelum cetak sawah dibuat sarana dan prasarana. Namun setelah diperbaiki, pemerintah minta jaminan kepada warga agar sawah tidak dialihkan ke perkebunan. “Ini perlu disepakati,” tandasnya. (cah/jun/ctk)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 16 Aug 18


Kamis, 16-08-2018 : 10:48:05
Waktu Tunggu Keberangkatran Haji Memakan Waktu Lama

KUALA KAPUAS – Keinginan masyarakat Kabupaten Kapuas untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi. Hal itu dapat dilihat dari daftar tunggu calon jemaah haji yang ada di Kantor ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 09:57:04
Sopir Luka Serius, Kernel Tumpah di Jalan

SAMPIT-Truk bermuatan kernel mengalami insiden tak terduga ketika melintas di Jalan Tjilik Riwut Km 02, Selasa (14/8). Tepatnya terlibat tabrakan dengan sebuah mobil Honda CRV yang hendak berputar ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 09:50:12
Legislator Ini Kunjungi Jamaah Haji Kalteng, Ini Pesan-Pesnnya

PANGKALAN BUN-Anggota DPD RI utusan Kalteng, H Muhammad Rakhman Ebol menyempatkan diri bertemu dengan jamaah haji Kalteng di Makkah. Banyak hal yang disampaikan oleh ratusan jamaah, salah satunya t ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 09:18:05
Desa Panaen Dicanangkan Jadi Kampung Merah Putih

MUARA TEWEH-Desa Panaen Kecamatan Teweh Baru Barito Utara dipilih sebagai kampung merah putih yang dicanangkan Polres Batara, Senin (13/8). Pencanangan dilakukan Kapolres Batara AK ... Read More