Kamis, Tanggal 17-05-2018, jam 09:46:52

BNNP Temukan 405 Gram Sabu dan 10 Butir Ineks

Seorang Wanita Ditangkap,Satu Pengedar Lainnya Kabur
BNNP Temukan 405 Gram Sabu dan 10 Butir Ineks
Kepala BNNP Kalteng Brigjen Lilik Heri Setiadi, memperlihatkan barang bukti narkoba, saat jumpa pers di kantor BNNP Kalteng.(FOTO : DENAR/KALTENG POS)

PALANGKA RAYA– Anggota BNNP Kalteng berhasil mengungkap peredaran gelap narkoba di Kalteng. Dari dua lokasi penggerebekan, petugas menemukan kurang lebih 405 gram sabu dan 10 butir ineks  warna coklat merek S.Seorang wanita diduga pengedar narkoba berhasil ditangkap dan satu pengedar lainnya kabur.  Berdasarkan laporan BNNP, penangkapan pertama dilakukan pada Minggu (22/4) malam pukul 22.30 WIB. Lokasi di Jalan Kasan Rejo Gg Camar II, Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat

Menariknya, dua kurir yang disuruh N ini ternyata R berstatus pelajar dan M berstatus guru honorer TK di Pangkalan Bun. Kedua kurir ini ditetapkan sebagai saksi. Sementara N (43) ditetapkan sebagai tersangka  dan dijerat pasal 114 ayat 2 jo pasal 112 ayat 2 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Dari rumah pelaku ditemukan dua bungkus sabu seberat 151 gram dan 10 butir ineks. Penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat bahwa ada pengiriman barang dari Pontianak melalui jasa pengiriman bus Damri jurusan Pontianak-Pangkalan Bun di Terminal Natai berisi sabu dan ineks.

Di terminal Natai, anggota mengamankan R dan M yang diduga sebagai kurir. Dari hasil pemeriksaan, kedua kurir ini mengaku barang haram tersebut milik N. dari keterangan kedua kurir, anggota langsung melakukan penangkapan terhadap N di rumahnya.

Kepada petugas, N mengaku disuruh J (napi Lapas Pontianak) disuruh mengambil paketan berisi narkoba ke bus Damri di terminal Natai. Pelaku kemudian menyuruh orang lain untuk mengambil paketan. “Saya cuma disuruh mengambil paketan tersebut,” kilahnya.

Penangakapan kedua, anggota BNNP Kalteng kembali melakukan penggerebekan di kantor CV Adul Jaya Travel, Jalan RTA Milono km 2,5, Panarung, Kecamatan Pahandut, Palangka Raya, Jumat (4/5) pagi pukul 10.00 WIB.

Dari tempat itu, petugas menemukan tiga bungkus sabu seberat 254 gram. Sementara pemilik travel Adul Jaya yang diduga pengedar berhasil kabur dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) BNNP Kalteng.

Sama dengan penangkapan sebelumnya, penggerebekan ini dilakukan berdasarkan laporan masyarakat bahwa ada pengiriman barang berisikan narkoba jenis sabu dari Samarinda, Kalimantan Timur melalui jasa pengiriman TIKI ke Palangka Raya dengan penerima CV Adul Jaya Travel. Dari kantor travel Adul, petugas mengamankan enam orang saksi yakni I, MS, MR, AF, MN, dan K.

Berdasarkan keterangan saksi, I menerima paket dari kurir TIKI. Kemudian MS dan MR memindahkan paket ke dalam mobil MR. Semua saksi yang diamankan karena berada ditempat kejadian saat penggerebekan dilakukan anggota BNNP Kalteng. Dari pengakuan I, MS, dan MR, paket barang itu milik A (bos CV Adul Jaya Travel).

Sementara A masih dalam pencarian dan diburu anggota BNNP Kalteng.

“Pengungkapan kasus peredaran gelap narkoba ini berkat informasi masyarkat. Kita berharap seluruh masyarakat bersatu memerangi narkoba sehingga perederannya tidak sampai menyebar luas di Kalteng,” ujar Kepala BNNP Kalteng Brigjen Lilik Heri Setiadi saat jumpa pers di kantor BNNP Kalteng.

Usai jumpa pers, BNNP Kalteng melakukan pemusnahan barang bukti sabu seberat 151 gram dan 10 butir ineks hasil tangkapan N. Barang haram tersebut dimusnahkan dengan diaduk air yang dicampur dengan sabun, kemudian dikubur di dalam tanah di depan kantor BNNP Kalteng. “Untuk penegakan hukum dan perintah undang-undang barang bukti hasil pengungkapan kasus narkoba harus dimusnahkan,” bebernya. (hni/ram)

 

 


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 16 Aug 18


Kamis, 16-08-2018 : 08:36:13
Pecundangi Persipon, Kalteng Putra Ke Babak 64 Besar

PALANGKA RAYA – Setelah tertunda beberapa pekan, akhirnya Kalteng Putra bisa main perdana di Piala Indonesia 2018. Sekalipun harus away ke Pontianak untuk meladeni perlawanan Persipo ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 08:28:43
TETAP WASPADA ! Jangan Mengadili Keluarga Terduga Teroris

PENANGKAPAN Lu yang dicurigai menganut paham radikal dan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), mengingatkan seluruh masyarakat Kalteng harus waspada. Tokoh agama hingga tokoh adat, diharapkan bert ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 08:19:52
Terkait Paham Radikalisme, Begini Jaringan Terduga Teroris dan Sepak Terjangnya

PALANGKA RAYA-Pria 41 tahun berinisial Lu diamankan Densus 88 antiteror dan Polda Kalteng, terkait dugaan paham radikalisme, Senin lalu (13/8). Sejumlah buku ditemukan petugas dari rumah Lu baik di ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 07:11:14
Satu Bangunan Di-Police Line, Begini Modus Oknum Kades Menyelewengkan ADD dan DD

KUALA KAPUAS-Penyidik Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Palingkau, Kabupaten Kapuas, masih mengembangkan dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) oknum kepala desa (kades), WH. ... Read More