Kamis, Tanggal 31-05-2018, jam 10:48:39

Cara Memancungkan Hidung yang Salah Kaprah

Cara Memancungkan Hidung yang Salah Kaprah
Kebiasaan memijit atau memencet hidung tak bisa mengubah bentuk hidung Anda jadi lebih mancung. Operasi merupakan cara paling aman yang bisa dilakukan, tapi tetap harus berkonsultasi dan dilakukan oleh ahli medis berkompeten. (JPNN.COM)

MEMIJIT, menjepit, atau menyuntik hidung dengan silikon cair kerap dilakukan sebagian perempuan demi mendapatkan tampilan wajah sempurna. Namun ternyata, kegiatan tersebut sangat berisiko, salah satu efeknya bisa membuat kulit iritasi.

Menurut dr Yudhy Arius SpBP-RE, ukuran hidung mancung setiap orang adalah relatif. Tak hanya ingin mancung, bahkan ada yang ingin membuat hidungnya tak terlalu mancung, menyesuaikan bentuk wajah.

"Tapi, menjepit tak bisa mengubah bentuk hidung. Satu-satunya cara mengubah bentuk hidung adalah dengan operasi. Kalau dijepit atau memijit, hanya akan menyebabkan iritasi dan peradangan di jaringan lunak hidung," ungkap spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahranie (AWS) Samarinda itu.

Memencet puncak hidung selama 10 menit, secara sekilas memang tampak berhasil, tetapi sifatnya sementara. Jika terlalu sering dipencet, hidung bisa kemerahan dan bengkak.

"Walau sejak kecil Anda menjepit hidung, itu tidak akan mengubah bentuk asli hidung. Penelitian ilmiah tentang menjepit hidung membuat mancung juga belum ada," lanjut pria asal Makassar, Sulawesi Selatan, tersebut.

Suntik silikon, sambung dia, juga tak dianjurkan, apalagi Anda melakukannya di sembarang tempat tanpa memastikan cara atau cairan yang digunakan aman. Akibatnya, wajah bisa rusak. Yudhy membeberkan, jika dia banyak menerima pasien yang menggunakan silikon yang tidak aman untuk wajah.

Sifat silikon yang bisa memenuhi ruang kosong akhirnya menjalar ke mana-mana di tubuh dan menimbulkan dampak buruk. Jika memang ingin mengubah bentuk hidung, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter ahli, agar bisa menekan efek negatif. Operasi pun tak boleh asal agar hasilnya semakin bagus.

"Sebab, operasi wajah bukan hanya soal estetika, tetapi juga konstruksi. Perlu pertimbangan dan harus dilakukan tenaga medis berkompeten soal bedah plastik. Untuk mengubah bentuk hidung, Anda bisa menyangga puncak hidung dengan tambahan tulang rawan atau implan. Tetapi, harus siap dengan perubahan secara fisik dan psikologis," tegas dia. (*/day/*/ni/k9)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 16 Aug 18


Minggu, 05-08-2018 : 08:34:54
Ketekunan Niang Menghasilkan Kesuksesan

MUNGKIN tidak banyak pengusaha yang tertarik untuk bergelut pada usaha anyaman rotan. Pasalnya, selain bahan dasar rotan cukup sulit dicari, pemasarannya juga membutuhkan tenaga ek ... Read More

Sabtu, 04-08-2018 : 07:54:02
Serba Hitam dan Bunga

TAK hanya sekedar penutup aurat, busana muslimah kini hadir dalam gaya yang lebih trendi. Model kekinianpun muncul untuk mempercantik si pemakainya. Seperti yang ditampilkan l ... Read More

Sabtu, 07-07-2018 : 11:23:47
Give Away Unggah Tempat Instagramable

SEJAK terpilih sebagai Puteri Indonesia Pariwisata Tahun 2018 pada 9 Maret lalu, Wilda Octaviana Situngkir mulai menata diri. Ia juga memperdalam pengetahuan mengenai objek wisata ... Read More

Sabtu, 30-06-2018 : 11:35:52
Renungkan 4 Langkah Pencegahan Bagi Pria Sebelum Nekat Berselingkuh

PERSELINGKUHAN terjadi karena banyak faktor. Adanya peluang, hasrat, dan ketidakpuasan pada pasangan, sering dijadikan alasan. ... Read More