Rabu, Tanggal 13-06-2018, jam 11:16:36
Pemko Palangka Raya

Arus Mudik di Palangka Raya Tidak Begitu Signifikan Dari Tahun Sebelumnya

Arus Mudik di Palangka Raya Tidak Begitu Signifikan Dari Tahun Sebelumnya
Wali Kota Palangka Raya Riban Satia Kepala Dinas Perhubungan Palangka Raya Eldy mematau arus mudik di terminal Mihing Manasa, Senin (11/6).( SRI/KALTENG POS)

PALANGKA RAYA - Puncak arus mudik Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Kalau tahun lalu terjadi hampir mendekati lebaran atau di H-1. Tahun ini puncaknya terjadi mulai di H-7 lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Palangka Raya Eldy menjelaskan, hal tersebut terjadi karena adanya libur panjang dan cuti bersama yang diberlakukan. Sehingga, kebanyakan orang memilih untuk pergi atau mudik sebelum mendekati lebaran.

“Berdasarkan pantauan kami sudah terlihat arus mudik di H-7. Artinya, puncaknya sudah terjadi, tidak lagi di H-3 atau H-1 seperti tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Eldy kepada Kalteng Pos, kemarin.

Terang Eldy, untuk arus mudik di Palangka Raya sendiri tidak begitu signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Berbeda dengan daerah lain yang ada jalur laut, di Palangka Raya hanya menggunakan jalur darat dan udara saja.

“Karena kita (Palangka Raya, red) tidak punya pelabuhan besar sehingga arus mudik yang kami pantau hanya darat dan udara saja, dan kalau udarakan itu adalah kewenangan provinsi untuk memantau itu,” tukasnya.

Dirinya memastikan arus mudik di Palangka Raya masih dalam kategori normal. Walaupun begitu pihaknya sudah mendirikan beberapa posko pemantauan di beberapa titik di Kota Cantik ini bersama dengan kepolisian.

“Kami juga sudah membangun pos pantau di lima titik bersama kepolisian dan TNI, yaitu di Jalan Yos Sudarso, Pahandut Seberang, Jalan Ahmad Yani Pasar Besar, dan Kereng Bengkirai,” beber Eldy.

Sebelumnyapun, Wali Kota Palangka Raya Riban Satia bersama dengan Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono meninjau sejumlah tempat guna memantau arus mudik di kota ini. Secara keseluruhan masih bisa dikatakan normal dan kondusif.

“Secara umum Palangka Raya sudah siap dan mampu untuk mengantisipasi arus mudik dan arus balik Idulfitri 2018. Sehingga kami harapkan dapat demikian adanya,” kata Riban.

Dicontohkannya, untuk dermaga Pelabuhan Rambang masih sangat relatif lancar, bahkan segi keamanannya masih sangat kondusif. Sedangkan, untuk debit air sendiri masih baik dan bisa dilalui kapal-kapal besar.

“Artinya, tidak berpengaruh dengan adanya lebaran ini, karena sebagian masyarakat kota tidak lagi menggunakan jalur air untuk mudik lebaran karena sudah dapat dijangkau,” pungkas wali kota dua periode ini. (ari/ila/iha/CTK)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 24 Jun 18


Sabtu, 23-06-2018 : 10:16:00
Identitas Mayat Berlumpur Masih Misterius

SAMPIT-Identitas mayat pria di pinggir Sungai Mentaya masih misterius. Belum jelas siapa sosok mayat yang pada saat ditemukan berlumur lumpur pada Kamis (21/6). Aparat kepolisian d ... Read More

Jum`at, 22-06-2018 : 03:05:26
Jelang Pemilihan, Jangan Saling Hujat

PALANGKA RAYA-Menjelang pemilihan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada Rabu 27 Juni nanti, masyarakat dan tim pemenangan diimbau agar tidak saling menghujat, lantaran perbedaan dukungan ... Read More

Jum`at, 22-06-2018 : 02:59:30
Harga Cabai dan Ayam Sulit Ditekan

PALANGKA RAYA– Satuan tugas (satgas) pangan mengaku sudah bekerja keras menjaga stabilitas harga pangan dan ketersedian pangan di Kalteng. Baik sebelum dan sesudah lebaran.

Meski, p ... Read More

Jum`at, 22-06-2018 : 11:03:52
Riban Lantik Tiga Pejabat Fungsional

PALANGKA RAYA - Hari pertama masuk kerja ada tiga pejabat fungsional dilantik. Padahal, sepuluh hari sebelumnya Wali Kota Palangka Raya Riban Satia telah melantik pejabat eselon II ... Read More