Rabu, Tanggal 13-06-2018, jam 05:14:48

Ingat! Setiap Bus Harus Bawa Dua Sopir

Share
Ingat! Setiap Bus Harus Bawa Dua Sopir
Terminal WA Gara Palangka Raya

ARUS mudik di Palangka Raya memang tidak seramai di Sampit dan Pangkalan Bun. Namun, tim gabungan pemerintah daerah dan aparat keamanan, tetap melakukan pengecekan armada.

“Kami sudah lakukan test urine untuk driver dan kernet bus. Total 11 orang yang kami periksa. Semuanya negatif narkoba,” kata Wakapolres Palangka Raya Kompol Mohammad Zainur Rofik, usai pemeriksaan di Terminal AKAP WA Gara, Selasa (12/6).

Pihaknya berharap dengan hasil pemeriksaan tersebut, dapat memberikan rasa aman kepada para pengguna angkutan darat. Pemudik dengan kendaraan pribadi, juga diharapkannya untuk berhati-hati. Memeriksa kelayakan kendaraan sebelum berangkat mudik. Saling menghormati pengguna jalan lain, serta mematuhi setiap rambu lalu lintas.

Kepala Dishub Kalteng Ati Mulyati yang juga ikut pemantauan menegaskan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Perusahaan Otobus (PO) sejak H-7 Idulfitri. Meminta setiap PO untuk melakukan tes urine secara mandiri terhadap driver yang dimiliki, serta secara rutin melakukan pengecekan kendaraan.

“Ramp Check (pemeriksaan periodik) sudah dilakukan di Pool Bus, agar tidak mengganggu jadwal keberangkatan,” ucapnya.

Sedangkan untuk armada, dia menegaskan, tidak ada kekurangan. Walaupun ada lonjakan penumpang antara 5 sampai 8 persen menjelang lebaran.

Selain menyiapkan 263 armada angkutan, dia juga menegaskan garansi keamanan dari pihaknya. Pemudik dapat pulang dengan merasa aman dan nyaman, karena semuanya sudah dilakukan pengecekan sebelum keberangkatan.

“Sesuai instruksi gubernur, dalam satu kendaraan minimal harus dua pengemudi. Mereka bergantian setiap 4 jam. Agar semuanya dipastikan aman dan selamat sampai tujuan, di samping juga pengecekan kelayakan sebelum berangkat,” tandasnya.

Pantauan Kalteng Pos, pengecekan kesehatan tidak hanya dilakukan oleh driver dan juga kernet. Tetapi masyarakat umum juga ada yang ikut ambil bagian, terutama yang ingin memeriksakan kesehatannya sebelum berangkat mudik ke kampung halaman.

Terpantau ada sekitar 44 orang yang melakukan pengecekan. Kebanyakan dari mereka dalam keadaan sehat. Walaupun dengan angka tekanan darah yang fluktuatif, ada yang tinggi dan rendah, tapi masih dalam kategori aman. (awa/ce/abe/nto/ctk)

 

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 23 Sep 18


Sabtu, 22-09-2018 : 03:40:45
Hai Para Netizen ? Ingat Ya..! Jangan Sebar Hoaks di Medsos

MABES Polri mewanti-wanti netizen tidak menyebarkan hoaks di media sosial, khususnya pada masa kampanye Pemilu 2019.

Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Bud ... Read More

Sabtu, 22-09-2018 : 03:03:55
Mau Cek Proyek, Konsultan Tewas Terlindas

MUARA TEWEH - Kecelakaan maut terjadi di area PT Bina Multi Alam Lestari (PT BMAL) di Kabupaten Barito Utara (Batara). Seorang konsultan CV Ozon dimensi teknik, meninggal akibat terlindas kendaraan ... Read More

Sabtu, 22-09-2018 : 02:15:21
Kok Bisa Ya…? Ada Perusahaan Tambang yang ‘Buta’ PPM

PERUSAHAAN pertambangan diwajibkan melaksanakan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM), sebagaimana amanat Peraturan Menteri ESDM Nomor 41 Tahun 2016 tentang PPM. N ... Read More

Sabtu, 22-09-2018 : 08:38:20
HUT ke-59 Barsel, Begini Wejangan Gubernur Soal CPNS dan Pembangunan

BUNTOK-Di usia ke-59Kabupaten Barsel, banyak apresiasi dan koreksi disampaikan. Misalnya, wejangan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran saat menjadi inspektur upacara. Salah satu yan ... Read More