Rabu, Tanggal 13-06-2018, jam 10:15:26

Gubernur Komitmen Selesaikan Konflik Perusahaan Secara Bertahap

Gubernur Komitmen Selesaikan Konflik Perusahaan Secara Bertahap
Sugianto

PALANGKA RAYA-Konflik perusahaan dengan masyarakat masih sering terjadi. Baik perkebunan ataupun pertambangan. Pemerintah Provinsi (pemprov) berkomitmen untuk menyelesaikannya secara bertahap.

“Ketimpangan di sekitar kebun dan perusahaan masih terjadi. Untuk kebun, rata-rata bermasalah dengan masyarakat sekitar 70 persen. Tetapi gubernur tidak bisa langsung menyelesaikan seketika. Harus bertahap,” ujar Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran di Istana Isen Mulang, Minggu (10/6).

Dia menjelaskan, dalam waktu dekat akan ke Murung Raya untuk melihat kondisi langsung PT Indo Muro Kencana (PT IMK) yang sempat berkonflik dengan masyarakat, beberapa waktu lalu. Dia menghendaki ada penyelesaian yang baik antar perusahaan dan masyarakat.

“Nanti saya akan ke Murung Raya untuk menyelesaikan masalah warga dengan Indo Muro. Untuk kasus di Kotawaringin Timur, terkait PT Mustika Sembuluh, sudah bisa diselesaikan dan masyarakat diberikan plasma sekitar 1.500 hektare. Mudah-mudahan saya bisa menyelesaikan secara bertahap dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” ungkap suami Yulistra Ivo Azhari ini.

Sugianto menambahkan, apa yang dia lakukan semua untuk kesejahteraan masyarakat dan mengatasi ketimpangan antar perusahaan dan masyarakat. Walau masalahnya sangat kompleks, namun dia bersama jajarannya dan pihak terkait akan berusaha bersama-sama melakukan yang terbaik.

“Kebijakan saya dan apa yang saya lakukan agar bisa dirasakan masyarakat. Kompleks masalah antara miskin dan kaya. Ketimpangan itu masih saja terjadi,” jelas mantan anggota DPR RI ini.

Selain masalah perusahaan dan masyarakat, dia juga menyoroti masalah orang-orang jompo yang tinggal sendirian di rumah. Tanpa ada yang merawat dan menemani. Hal tersebut membuatnya miris.

“Untuk ke depan, khususnya di Palangka Raya, dengan wali kota yang baru, kami tidak ingin ada lagi orang jompo-jompo itu di rumah sendiri. Miris melihatnya. Harus bekerja sama dalam mengatasi hal seperti ini,” katanya. (uni/uyi/ctk/jun)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 24 Jun 18


Sabtu, 23-06-2018 : 10:16:00
Identitas Mayat Berlumpur Masih Misterius

SAMPIT-Identitas mayat pria di pinggir Sungai Mentaya masih misterius. Belum jelas siapa sosok mayat yang pada saat ditemukan berlumur lumpur pada Kamis (21/6). Aparat kepolisian d ... Read More

Jum`at, 22-06-2018 : 03:05:26
Jelang Pemilihan, Jangan Saling Hujat

PALANGKA RAYA-Menjelang pemilihan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada Rabu 27 Juni nanti, masyarakat dan tim pemenangan diimbau agar tidak saling menghujat, lantaran perbedaan dukungan ... Read More

Jum`at, 22-06-2018 : 02:59:30
Harga Cabai dan Ayam Sulit Ditekan

PALANGKA RAYA– Satuan tugas (satgas) pangan mengaku sudah bekerja keras menjaga stabilitas harga pangan dan ketersedian pangan di Kalteng. Baik sebelum dan sesudah lebaran.

Meski, p ... Read More

Jum`at, 22-06-2018 : 11:03:52
Riban Lantik Tiga Pejabat Fungsional

PALANGKA RAYA - Hari pertama masuk kerja ada tiga pejabat fungsional dilantik. Padahal, sepuluh hari sebelumnya Wali Kota Palangka Raya Riban Satia telah melantik pejabat eselon II ... Read More