Kamis, Tanggal 14-06-2018, jam 04:41:57
Ketika Abrasi Tepian Sungai Kahayan Mulai Mengancam

Rumah Ambruk dan Dua Motor Tenggelam

Rumah Ambruk dan Dua Motor Tenggelam
Sebuah rumah kosong yang berada di Pinggir Sungai Kahayan ambruk akibat tanah longsor, Rabu dini hari (13/6). (HNI/KALTENG POS)

Rumah tua tak berpenghuni yang berada di pinggir Sungai Kahayan di kawasan Flamboyan, tiba-tiba ambruk ke dasar sungai. Tanah longsor di tepi sungai Kahayan perlu diwaspadai.

 

HANI, Palangka Raya

 

RABU (13/6) sekitar pukul 04.00 WIB, rumah kosong itu ambruk akibat pengikisan tanah pinggiran sungai, yang setiap waktu diterjang gelombang. Meski tidak ada korban jiwa, abrasi menyebabkan ambruknya bangunan tua ini perlu diwaspadai.

Untungnya, ambruknya rumah tak berpenghuni itu tidak menimpa rumah lanting di bawahnya. Namun, akibat kejadian itu, dua unit motor milik warga ikut tenggelam.

Peristiwa rumah ambruk ini sempat membuat warga sekitar heboh. Pasalnya, bunyi rumah ambruk ini terdengar hingga puluhan meter.

Dari informasi dihimpun, rumah kayu tersebut sudah beberapa tahun ditinggal kosong oleh pemiliknya. Rumah yang tidak berpenghuni ini dibiarkan dan tidak diurus, serta ditumbuhi rumput liar di sekitar rumah.

Karena tanah yang ada di pinggir bangunan mengalami longsor, maka bangunan rumah berukuran sekitar 8 x 10 meter ini ikut amblas ke dasar sungai. Ambruknya rumah tua ini, nyaris menimpa rumah lanting dan keramba milik warga yang berada di pinggir sungai.

“Nyaring (keras) mas bunyi runtuhnya. Peristiwa itu terjadi secara tiba-tiba, sehingga tidak ada warga yang melihat secara langsung,” ujar Budi, warga Flamboyan Bawah sekitar lokasi kejadian. (hni/ce/abe)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 24 Jun 18


Minggu, 24-06-2018 : 08:22:50
Niat Cari Ikan Malah Tewas Tersedot Lubang Bekas Tambang

KASONGAN–Niat mencari ikan berujung maut. Seorang warga Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan bernama Doni (30), ditem ... Read More

Minggu, 24-06-2018 : 08:07:18
Takut Banyak yang Tak Terakomodasi

Sebulan lagi DPR RI dan pemerintah akan melakukan rapat kerja (raker) gabungan lanjutan untuk menetapkan status honorer K2 (kategori dua). Ada h ... Read More

Minggu, 24-06-2018 : 08:03:35
Semua Janjikan Inovasi Baru

PALANGKA RAYA–Hari ini (24/6), tahapan Pilkada Serentak telah memasuki masa tenang. Rangkaian panjang kampanye secara res ... Read More

Sabtu, 23-06-2018 : 06:31:05
Rumah dan Isinya di Depan Rujab Camat Montallat Ludes Terbakar

MUARA TEWEH - Kebakaran melanda rumah warga persis di depan rumah jabatan Camat Montallat Kelurahan Tumpung Laung II,  Kecamatan Montallat,  Sabtu (23/6) siang.  Akibat kebakaran 1 b ... Read More