Kamis, Tanggal 14-06-2018, jam 04:41:57
Ketika Abrasi Tepian Sungai Kahayan Mulai Mengancam

Rumah Ambruk dan Dua Motor Tenggelam

Rumah Ambruk dan Dua Motor Tenggelam
Sebuah rumah kosong yang berada di Pinggir Sungai Kahayan ambruk akibat tanah longsor, Rabu dini hari (13/6). (HNI/KALTENG POS)

Rumah tua tak berpenghuni yang berada di pinggir Sungai Kahayan di kawasan Flamboyan, tiba-tiba ambruk ke dasar sungai. Tanah longsor di tepi sungai Kahayan perlu diwaspadai.

 

HANI, Palangka Raya

 

RABU (13/6) sekitar pukul 04.00 WIB, rumah kosong itu ambruk akibat pengikisan tanah pinggiran sungai, yang setiap waktu diterjang gelombang. Meski tidak ada korban jiwa, abrasi menyebabkan ambruknya bangunan tua ini perlu diwaspadai.

Untungnya, ambruknya rumah tak berpenghuni itu tidak menimpa rumah lanting di bawahnya. Namun, akibat kejadian itu, dua unit motor milik warga ikut tenggelam.

Peristiwa rumah ambruk ini sempat membuat warga sekitar heboh. Pasalnya, bunyi rumah ambruk ini terdengar hingga puluhan meter.

Dari informasi dihimpun, rumah kayu tersebut sudah beberapa tahun ditinggal kosong oleh pemiliknya. Rumah yang tidak berpenghuni ini dibiarkan dan tidak diurus, serta ditumbuhi rumput liar di sekitar rumah.

Karena tanah yang ada di pinggir bangunan mengalami longsor, maka bangunan rumah berukuran sekitar 8 x 10 meter ini ikut amblas ke dasar sungai. Ambruknya rumah tua ini, nyaris menimpa rumah lanting dan keramba milik warga yang berada di pinggir sungai.

“Nyaring (keras) mas bunyi runtuhnya. Peristiwa itu terjadi secara tiba-tiba, sehingga tidak ada warga yang melihat secara langsung,” ujar Budi, warga Flamboyan Bawah sekitar lokasi kejadian. (hni/ce/abe)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 16 Aug 18


Rabu, 15-08-2018 : 12:31:32
Empat Jam Hilang, Bocah SD Ditemukan di Dasar Sungai

NANGA BULIK-Masyarakat Desa Kujan, Kecamatan Bulik beramai-ramai ke tepi Sungai Lamandau, Selasa (14/8). Bahkan sebagian kecil warga juga menceburkan diri ke sungai, dan beberapa lagi memilih berad ... Read More

Rabu, 15-08-2018 : 10:41:01
Siap Bertanding, Target Satu Medali Emas

Jelang pelaksanaan Asian Games setiap atlet terus mempersiapkan diri. Mulai dari program latihan, asupan gizi dan hiburan. Tak tanggung-tanggung medali emas menjadi target pencapaian. Tak terkecual ... Read More

Rabu, 15-08-2018 : 10:18:00
Saat Ini, Ada Empat Napi Teroris di Kalteng

PENANGKAPAN terduga aksi radikalisme alias terorisme, Lu, mengingatkan pada sangat rentannya warga binaan di lembaga pemasyarakatan maupun rumah tahanan. Selain Lu, mantan pegawai ... Read More

Rabu, 15-08-2018 : 10:06:57
Mendadak Berubah, Anak dan Istri Mengurung Diri

Mendadak Berubah, Anak dan Istri Mengurung Diri

 

Sementara itu, istri terduga radikalisme, saat ini seperti dikucilkan di lingkunganya. Tampak sekali jika ... Read More