Kamis, Tanggal 14-06-2018, jam 05:55:17

Sopir Lintas Trans Kalimantan Diperiksa Polisi

Sopir Lintas Trans Kalimantan Diperiksa Polisi
Kapolres Lamandau AKBP Andika K Wiratama memimpin langsung pengecekan narkoba dan kelayakan kendaraan, Selasa (12/6).(HUMAS POLRES FOR KALTENG POS)

NANGA BULIK – Polres Lamandau melakukan pemeriksaan narkoba, kondisi kesehatan sopir dan kelayakan angkutan, Selasa (12/6) yang melintasi Trans Kalimantan di Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau. Kegiatan itu dipimpin langsung Kapolres Lamandau AKBP Andika K Wiratama.

"Pemeriksaan ini langkah antisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas, akibat sopir yang menggunakan obat-obatan atau narkoba dan kendaraan tidak layak," ungkap Kapolres Lamandau AKBP Andika K Wiratama, didampingi Wakapolres Kompol R.A.S Yudhapatie dan Kabag Ops AKP Andreas Alex, kemarin.

Satu persatu kendaraan yang melintas untuk mudik dihentikan untuk jalani pemeriksaan secara detail, baik dokumen kendaraan maupun sopirnya. Dimana sopir dilakukan test urine untuk memastikan bebas dari konsumsi obat dan narkoba. Sedangkan kendaraan diperiksa guna melihat kelayakan dari kendaraan yang mengangkut penumpang tersebut.

"Kita periksa kelayakan kendaraan, misal mesin, sistem pengereman, roda dan lainnya. Sehingga kendaraan benar-benar layak untuk mengangkut penumpang," tegasnya.

Untuk sasan dilakukannya tes urine narkoba, yakni para pengendara/sopir kendaraan baik roda empat, maupun roda enam, sekaligus melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan yang dibawa. Pemeriksaan surat-surat kelengkapan kendaraan dan juga memberikan imbauan kepada para penumpang agar selalu mengingatkan apabila sopir ngantuk, lelah ataupun cape segeralah beristirahat.

"Dari hasil pemeriksaan sebanyak 52 orang pengemudi kendaraan urinenya semua negatif, atau tidak mengandung narkoba. Sedangkan untuk jumlah tilangan sebanyak tujuh," beber Andika. (alh/nto/jun/ctk)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 24 Jun 18


Sabtu, 23-06-2018 : 11:56:33
PJs Bupati Batara Akhiri Masa Jabatannya

MUARA TEWEH - Hari ini, Pjs Bupati Barito Utara, Drs H Sapto Nugroho MM mengakhiri masa jabatannya. Sebelum kembali bertugas di Pemprov Kalteng, Sapto melakukan kunjungan terakhir ... Read More

Sabtu, 23-06-2018 : 11:50:38
Remaja 18 Tahun Diciduk Polisi

BUNTOK - Berhati-hatilah bagi masyarakat yang memarkirkan motornya dalam keadaan tidak terkunci. Terlebih saat acara hiburan. Sebab pencuri selalu mengintai. Seperti kejadian di Ke ... Read More

Sabtu, 23-06-2018 : 11:31:49
Polres Kerahkan 263 Personel

PURUK CAHU - Polres Murung Raya (Mura) mengerahkan sebanyak 263 personel untuk pengamanan tempat pemungutan suara (TPS). Dari 263 personel itu sebanyak 201 personel mengamankan 201 ... Read More

Sabtu, 23-06-2018 : 10:54:05
Kawasan Eks Lokalisasi Bakal Dimanfaatkan Jadi Sirkuit Balap

PANGKALAN BUN - Kawasan eks lokalisasi Dukuh Mola dan beberapa lokalisasi lainnya bakal “Disulap” alias dimanfaatkan menjadi tempat penyalur bakat. Salah satunya memban ... Read More