Minggu, Tanggal 01-07-2018, jam 08:05:10

Cantiknya 8 Wisata Manado

Cantiknya 8 Wisata Manado
Kota Manado (Sammy/Manado Post/JPNN)

MANADO-Jika membayangkan Manado, Sulawesi Utara (Sulut), pasti Bunaken yang terlintas di benak pembaca. Lantaran, Bunaken memang sudah menjadi destinasi andalan Manado untuk menggaet wisatawan. Namun, Manado juga memiliki banyak destinasi lain yang tidak kalah menarik. Ada sekitar 8 destinasi yang sangat menyenangkan untuk dieksplorasi.

Taman Nasional Bunaken

Rasanya tidak mungkin berkunjung ke Manado tanpa menyempatkan diri ke Taman Nasional Bunaken. Destinasi ini bisa dicapai dalam waktu sekitar 30 menit dari pelabuhan Kota Manado. Taman Nasional Bunaken sungguh indah bahkan sering disebut sebagai salah satu yang paling indah di dunia. Kecantikan biota laut, aneka terumbu karang, dan ikan berwarna-warni menjadi surga bagi pencinta menyelam, snorkeling, dan fotografi.

Danau Tondano

Danau Tondano adalah danau terluas di Sulut. Danau ini diapit pegunungan Lembean, Gunung Kaweng, Bukit Tumpusu, dan Gunung Masarang. Anda bisa melihat puncak Bukit Lembean dari tepian danau. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan Laut Maluku. Selama ini Danau Tondano sudah menjadi destinasi yang wajib dikunjungi wisatawan saat berlibur ke Manado.

Pantai Malalayang

Pantai ini berada sekitar empat kilometer dari Kota Manado. Kawasan yang menyediakan tempat untuk berenang, snorkeling, hingga diving. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga sangat bersahabat bagi wisatawan.

Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua berada sekitar 16 kilometer dari Kota Manado. Perjalanan menuju pulau itu memakan waktu sekitar 60 menit menggunakan kapal motor. Keindahan pulau ini tidak kalah dengan Derawan, Kalimantan Timur (Kaltim). Panorama bawah lautnya juga spektakuler.

Monumen Yesus Memberkati

Dalam bahasa Manado, Monumen Yesus Memberkati disebut dengan Yesus Kase Berkat. Patung ini memiliki tinggi 50 meter. Patung itu dibuat menggunakan bahan 25 ton besi fibre dan 35 ton besi baja. Monumen ini memiliki kemiringan 20 derajat. Inisiator pembangunan patung itu adalah pengusaha papan atas Indonesia Ciputra. Patung yang dibuat sejak 2007 itu selesai pada 2010. Dana yang dihabiskan mencapai Rp 5 miliar. Banyak yang menyamakan monumen itu dengan Patung Cristo Redentor di Rio de Janeiro, Brasil.

 

Kampung Cina

Di Kampung Cina, banyak terdapat bangunan tua yang dibangun sejak zaman penjajahan Belanda.  Salah satu keistimewaan Kampung Cina Manado adalah keberadaan Kelenteng Ban Hing Kiong. Kelenteng itu disebut-sebut sebagai yang tertua di Manado. Meski dibangun pada 1819, kelenteng itu masih berdiri dengan kukuh dan megah. Tidak jauh dari Kelenteng Ban Hing Kiong terdapat Kelenteng Kwang Kong.

Museum Negeri Sulawesi Utara

Museum Negeri Sulawesi Utara berada di Jalan W.R. Supratman, Lawangirung. Di museum itu terdapat ornamen sejarah yang berkaitan dengan manusia, alam, dan kebudayaan daerah sekitar Sulut. Museum itu diresmikan pada 9 Januari 1991. Benda koleksi di museum itu lebih dari 2.810 buah. Di halaman depan museum terdapat koleksi ornamen kuno dari adat Minahasa.

Bulevar Manado

Berwisata ke Manado tak lengkap jika tidak menikmati kuliner khas Manado di kawasan bulevar. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai jenis makanan khas Manado seperti tulang iga babi panggang yang terkenal dan makanan laut. Selain itu, ada juga makanan dari daerah lain seperti gado-gado dan coto Makassar yang dijual para pedagang. Sembari menikmati makanan, pengunjung juga bisa menyaksikan matahari terbenam. (jos/jpnn)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 23 Jul 18


Minggu, 01-07-2018 : 08:05:10
Cantiknya 8 Wisata Manado

MANADO-Jika membayangkan Manado, Sulawesi Utara (Sulut), pasti Bunaken yang terlintas di benak pembaca. Lantaran, Bunaken memang sudah menjadi d ... Read More

Minggu, 24-06-2018 : 05:06:57
Cerita dari Masupa Ria

Masupa Ria, salah satu desa di Kecamatan Mandau Talawang, Kabupaten Kapuas, Kalteng. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang terkadang menimbulkan kepenatan. Sunyi dan dingin. Banyak cerita yang digal ... Read More

Minggu, 11-03-2018 : 02:10:15
Taklukkan Kelingking Secret Point Nusa Penida

KAWASAN pariwisata di Pulau Bali tidak saja terfokus di daratan, apalagi  Bali memiliki beberapa pulau eks ... Read More

Minggu, 11-03-2018 : 02:07:52
Sensasi Selfie Berasa Era Penjajahan Belanda

Desa Krakitan, Kecamatan Bayat menjadi salah s ... Read More