Rabu, Tanggal 04-07-2018, jam 09:10:46
Upaya Dispora Angkat Martabat Olahraga dan Pemuda Kalteng

Fokus Seleksi Atlet Dayung, Panahan, dan Tinju

Fokus Seleksi Atlet Dayung, Panahan, dan Tinju
Plt Kadispora Kalteng Falery Tuwan (kanan) saat menjelaskan upaya dan wacananya mengangkat harkat dan martabat olahraga dan pemuda Kalteng, di Kantor Dispora Kalteng, Selasa (3/7). (JAMIL/KALTENG POS)

Berbagai upaya dilakukan Dispora Kalteng untuk terus membuat nama Bumi Tambun Bungai bersinar di kancah nasional dan internasional. Contohnya, melalui regenerasi atlet sedini mungkin.

JAMIL JANUANSYAH, Palangka Raya

============================-

SETELAH sekian lama, tampaknya dunia olahraga dan kepemudaan Kalteng akan kembali ke masa kejayaannya. Di tangan Plt Kadispora Kalteng Falery Tuwan, tanda-tanda itu pun semakin nyata. Seleksi atlet dilakukan di usia yang masih belia.

Haus gelar, prestasi dan torehan positif, terpacu di tiap untaian kalimat yang disampaikan Falery. Pria yang dipercaya Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran untuk membina berbagai cabang olahraga dan kepemudaan Kalteng ini, ingin nama Kalteng terus menggema di kancah olahraga nasional maupun internasional.

Tentu saja, semua itu tidak didapat dari hasil yang instan. Perlu pembinaan atlet, menumbuhkan rasa optimistis masyarakat, serta yang paling utama mencetak bibit-bibit atlet yang akan mengharumkan nama Kalteng.

Kini, langkah itu pun dimulai. Dispora membuka seleksi atlet cabor dayung, panahan, dan tinju. Tiga cabor dipilih untuk mendulang prestasi di berbagai perhelatan olahraga, baik nasional maupun internasional. Alasannya konkret, ketiga cabor ini yang biasa membuat Kalteng berjaya.

“Seleksi ini untuk merekrut atlet muda yang akan kami bina potensi dan minat bakatnya,” ujarnya di kantornya, Selasa (3/7).

Bukan hal mudah untuk membina atlet. Itulah kalimat yang disampaikan Falery. Menurut dia, diperlukan biaya, tenaga, dan pemikiran untuk membina seorang atlet. Demikian pula yang dilakukan oleh Dispora Kalteng. Dalam perekrutan atlet cabor dayung, panahan, dan tinju, mereka membuat kuota dan syarat yang harus dipenuhi peserta. Kuota untuk cabor dayung hanya 18 atlet, panahan 8, dan tinju 5 atlet. Para calon generasi pencetak prestasi ini, juga akan melewati tes psikologi oleh psikolog dari Kemenpora dan tes kesehatan medis.

Selain itu, para calon atlet juga minimal berusia 12 tahun dan maksimal 15 tahun, serta masih aktif sebagai pelajar. Dikatakan Falery, proses pendaftaran atlet telah dibuka dari 25 Juni dan akan berakhir 4 Juli (hari ini, red). Program itu merupakan kiat Dispora untuk meningkatkan prestasi olahraga Kalteng di tahun-tahun yang akan datang. Dan, pembinaan akan dilakukan di Pusat Pembinaan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Kalteng.

Falery yakin, bibit-bibit atlet yang akan dihasilkan nanti, mampu menjadi atlet yang akan membanggakan Kalteng. Pun demikian, pihaknya tetap akan membuat atlet melanjutkan masa menuntut ilmu di bangku sekolah.

“Walaupun dalam masa pembinaan, anak-anak ini tidak boleh mengabaikan sekolah. Karena pendidikan adalah hal utama. Bahkan, nanti akan kami fasilitasi untuk mendapatkan beasiswa prestasi. Atau masuk sekolah favorit melalui jalur prestasi,” ungkapnya.

Cabor dayung, panahan, dan tinju digadang akan mampu membuat Kalteng berjaya di ajang olahraga PON dan lainnya. Meskipun demikian, hasrat untuk membuat seluruh cabor menorehkan tinta emas, juga tak hilang dari semangat Falery.

Memang, lanjut Falery, soal anggaran menjadi persoalan utama pihaknya. Lantaran, PPLP menggunakan dana APBN. Sedangkan, PPLP Daerah (PPLPD) menggunakan dana APBD Kalteng. Kondisi minim anggaran untuk peningkatan dunia olahraga, tak menyurutkan niatnya. Falery yakin, ke depan selain ketiga cabor tadi, pihaknya juga akan membuka pendaftaran seleksi atlet untuk cabor lainnya. Seperti futsal, bola, dan juga olahraga lain yang diminati masyarakat Kalteng.

“Kami tetap akan memperhatikan cabor lainnya. Itu masuk dalam perencanaan kami. Namun, untuk membentuk seorang atlet, memang tak mudah. Pak gubernur juga terus mendorong kami untuk bisa membenahi dan membangun dunia olahraga Kalteng. Ini akan kami upayakan,” pungkasnya. (*/ce)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 23 Jul 18


Minggu, 22-07-2018 : 11:39:53
Penegasan Tidak Perlu Takut dengan Teroris

Ledakan bom di kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat kembali dapat di masyarakat dalam sebuah film berjudul 22 Menit. Tak mau ketinggalan dengan kota lain di Indonesia, di Palangka Raya juga ... Read More

Sabtu, 21-07-2018 : 07:10:14
Didik Nini Thowok Gabungkan Tarian Dayak dan Makassar

Festival Kampung Buntoi 2018 menghadirkan maestro tari nusantara, Didik Nini Thowok. Seniman yang menguasai ratusan gerakan tari dari berbagai belahan dunia ini, kembali hadir pada Festival Kampung ... Read More

Rabu, 18-07-2018 : 05:22:28
Partai Nomor Urut 10, Daftar Bacaleg pukul 10.10 di Pemilu yang ke-10

DPW PPP Kalteng telah mengukir kisah manis di Pilkada Serentak 2018 se-Kalteng. Menohok di posisi 3, PPP berhasil mengantarkan paslon kepala daerah yang diusung menuju ke singgasana kekuasaan. ... Read More

Minggu, 15-07-2018 : 06:45:38
Belajar Sama Tetangga dan Meraih Dua Medali

Siapa sangka Hiu Li Ing yang awalnya tak menyukai cabang olahraga catur, akhirnya sukses menjadi juara. Bahkan awal menggelutinya, ia hanya main-main biasa. Mengisi waktu luang saja. siapa sang ... Read More