Minggu, Tanggal 08-07-2018, jam 05:12:54

Ingat Ya..! Surat Pengunduran Diri ASN tak Dapat Dibatalkan

Share
Ingat Ya..! Surat Pengunduran Diri ASN tak Dapat Dibatalkan
Ilustrasi

PENDAFTARAN calon anggota legislatif (caleg) pada Pileg 2019 sudah dimulai Selasa, 4 Juli 2018. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi caleg yang akan diperiksa petugas KPU sebelum nantinya diverifikasi data dan dokumennya.

Selain mengenai mantan narapidana korupsi maju sebagai caleg, isu yang mengemuka terkait dengan pencalegan ini adalah perlu tidaknya Kepala Daerah, Anggota TNI/Polri, Direksi hingga Komisaris BUMN, mengundurkan diri dari jabatannya jika memutuskan maju sebagai caleg.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar memberikan penjelasan singkat aturan dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 mengenai Pemilu.

Disebutkan, dalam Pasal 240 ayat (1) huruf k, dinyatakan bahwa Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang memutuskan maju sebagai caleg harus mengundurkan diri. Begitu juga Anggota TNI dan Polri aktif, serta Aparatur Sipil Negara (ASN), mereka harus mundur jika maju jadi caleg.

"Sebelum memutuskan maju sebagai caleg, ASN perlu mempertimbangkan matang-matang, sebab surat pengunduran diri ASN tidak dapat ditarik kembali," kata Bahtiar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (07/7).

Hal yang sama berlaku untuk Direksi, Komisaris hingga Karyawan pada Badan Usaha Milik negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) serta badan lain yang anggarannya bersumber dari keuangan negara. Aturan sebagaimana ASN maju jadi caleg, surat pengunduran diri jajaran pejabat BUMN/BUMD ini tidak dapat ditarik kembali.

Ditambahkan bahwa posisi ASN sesuai aturan adalah netral, karena itu ada keharusan mengundurkan diri jika memutuskan maju sebagai caleg. (rl/jpnn)

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 25 Sep 18


Selasa, 25-09-2018 : 10:16:19
Pangdam Deklarasikan Kampanye Damai

PONTIANAK-Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi menghadiri deklarasi kampanye damai Pemilu 2019  yang dimotori KPU Kalimantan Barat (Ka ... Read More

Senin, 24-09-2018 : 11:57:03
Mendadak Mundur Jadi Utusan Khusus Jokowi, Ada Apa?

Din Syamsuddin resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Utusan Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini mengumumkan pengunduran dirinya dalam ulang tahun K ... Read More

Senin, 24-09-2018 : 10:45:51
Kodam Gelar Lomba Dayung, Bertajuk TNI Dragon Boat Race 2018

PONTIANAK-Olahraga menjadi media tanpa batas, baik suku, agama, ras, maupun golongan untuk saling menjalin keharmonisan. Demikian dikatakan Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad ... Read More

Jum`at, 21-09-2018 : 09:19:42
Kodam XII/Tanjungpura Tangkal Radikalisme

PONTIANAK-Lomba melukis dan MTQ dilaksanakan guna menjalin komunikasi sosial (komsos) yang sehat dan harmonis. Sehingga melalui perlombaan yang dilaksanakan dapat meningkatkan tali silaturahmi anta ... Read More