Minggu, Tanggal 08-07-2018, jam 05:47:39

Suhu di Tanah Suci Tinggi, Jemaah Haji Diimbau Waspada Penyakit Ini

Share
Suhu di Tanah Suci Tinggi, Jemaah Haji Diimbau Waspada Penyakit Ini
Tingginya suhu di Tanah Suci saat ini bisa membuat para jemaah haji Indonesia kesulitan untuk beradaptasi, sehingga rentan terkena heat stroke. (foto: setkab.go.id)

PERBEDAAN suhu atau temperatur udara di Tanah Suci akan membuat para jamaah haji sulit beradaptasi. Suhu rata-rata di atas 40 derajat, membutuhkan fisik yang kuat untuk menjalankan semua rukun haji. Salah satu penyakit yang wajib diantisipasi adalah heat stroke. Apa itu?

Heat stroke adalah suatu kondisi di mana tubuh mengalami stroke karena cuaca yang sangat panas. Kondisi suhu tubuh akan meningkat secara cepat karena suhu udara yang terlalu panas. Sebab paparan sinar matahari tak bisa ditoleransi oleh tubuh.

Apalagi, dalam kondisi yang lelah seperti rutinitas para jamaah haji akan rentan terkena penyakit ini. Gejalanya tiba-tiba demam, berkeringat mengucur, sakit kepala, denyut nadi berdetak cepat, mual, muntah, sulit bicara, hingga pingsan. Tentu jika tak mendapatkan penanganan tepat bisa mengancam nyawa.

"Prediksi kami karena peningkatan suhu, maka heat stroke bisa mengancam. Kondisi di mana terjadi akibat suhu panas. Dampaknya organ-organ tubuh mengalami kegagalan fungsi," jelas Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Eka Jusup Singka dalam konferensi pers baru-baru ini.

Maka dia mengimbau selama menjalankan ibadah haji, jamaah sebaiknya menggunakan pakaian menyerap keringat dan cukup cairan. Kemenkes juga membagikan topi dan kacamata hitam gratis kepada jamaah haji tahun ini di Tanah Suci nanti.

Selain heat stroke, ada berbagai macam penyakit lainnya yang sering dialami jamaah haji. Di antaranya penyakit rawat jalan dan penyakit yang harus dirawat inap.

"Rawat jalan paling banyak batuk-batuk dan flu. Kalau rawat inap paling banyak gangguan pernapasan seperti pneumonia," jelasnya.

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 25 Sep 18


Selasa, 25-09-2018 : 10:16:19
Pangdam Deklarasikan Kampanye Damai

PONTIANAK-Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi menghadiri deklarasi kampanye damai Pemilu 2019  yang dimotori KPU Kalimantan Barat (Ka ... Read More

Senin, 24-09-2018 : 11:57:03
Mendadak Mundur Jadi Utusan Khusus Jokowi, Ada Apa?

Din Syamsuddin resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Utusan Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini mengumumkan pengunduran dirinya dalam ulang tahun K ... Read More

Senin, 24-09-2018 : 10:45:51
Kodam Gelar Lomba Dayung, Bertajuk TNI Dragon Boat Race 2018

PONTIANAK-Olahraga menjadi media tanpa batas, baik suku, agama, ras, maupun golongan untuk saling menjalin keharmonisan. Demikian dikatakan Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad ... Read More

Jum`at, 21-09-2018 : 09:19:42
Kodam XII/Tanjungpura Tangkal Radikalisme

PONTIANAK-Lomba melukis dan MTQ dilaksanakan guna menjalin komunikasi sosial (komsos) yang sehat dan harmonis. Sehingga melalui perlombaan yang dilaksanakan dapat meningkatkan tali silaturahmi anta ... Read More