Rabu, Tanggal 11-07-2018, jam 05:08:20

Masih Kekurangan PLKB

Masih Kekurangan PLKB
Kusnadi

PALANGKA RAYA - Provinsi Kalteng hingga saat ini masih kekurangan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) maupun Petugas Keluarga Berencana (PKB), hal itu diutarakan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kalteng Kusnadi, SH. 
    Menurutnya permasalahan yang dihadapi pihaknya adalah tidak bisa secara penuh melakukan tatap muka dengan masyarakat karena kekurangan tenaga penyuluh KB (PKB/PLKB). Imbasnya satu tenaga penyuluh terpaksa harus melayani 5-6 desa/kelurahan. 
“Jumlah ini jauh dari memadai. Idealnya satu penyuluh maksimal hanya memegang dua desa saja.  Kita punya sekitar 179 PKB dengan jumlah desa yang hampir 1400 desa di Kalteng ini. Bisa kita bayangkan betapa beratnya tugas seorang PKB ketika mereka harus membina 7-12 desa,” kata Kusnadi.
Padahal seorang petugas lapangan PKB, pendataan dan pemetaan program KB Nasional merupakan bagaian awal dari kegiatan kerja yang tidak boleh dilewati begitu saja karena berhasil atau tidaknya pendataan keluarga tergantung pada kinerja PKB itu sendiri. 
“Makanya kita mengundang mitra kita seperti di sektor pendidikan, perusahaan dan pihak lainnya. Pertemuan dengan BKKBN tidak melulu berbicara soal alat kontrasepsi,” jelasnya.
Selain itu, Kusnadi menjelaskan tentang artian pembangunan keluarga yang merupakan salah satu program BKKBN untuk menjalankan fungsi-fungsinya. 
“Tidak hanya sekadar keluarga yang sakinah, keluarga yang bahagia, tapi keluarganya khususnya anak-anaknya dipersiapkan agar tidak terlibat narkoba, radikalisme, pornografi, tidak telibat bullying seperti yang di sekolah,” ujarnya. (pri/iha/k/OL)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 22 Jul 18


Minggu, 22-07-2018 : 09:28:39
Kalteng Dilanda Kekeringan

SELAMA Juli 2018, curah hujan di berbagai daerah di Kalteng sangat minim. Bahkan, beberapa hari terakhir, rata-rata wilayah Kalteng tidak ada turun hujan. Sehingga secara umum, Kalteng mulai mengal ... Read More

Minggu, 22-07-2018 : 09:14:50
Belajar Kesenian di 38 Negara, Indonesia Terkaya

Kecintaan Didik Hadiprayitno atau Didik Nini Thowok terhadap dunia tari, mendorong rasa keingintahuannya terhadap kesenian dari negara lain. Siapa kira, diusianya yang sudah 64 tahun itu, Didik sud ... Read More

Minggu, 22-07-2018 : 09:06:36
Menurut Pengamat Politik, Sosok dan Warna Partai Ini yang akan Mendominasi di Pileg 2019

PALANGKA RAYA-  Pengamat politik Kalteng Jhon Retei Alfrisandi menilai, pileg 2014 akan menghasilkan komposisi caleg yang ada di tingkat provinsi tidak banyak bergeser. Masyarakat Kalteng tren ... Read More

Minggu, 22-07-2018 : 08:49:26
HASIL VERIFIKASI ! BANYAK BAKAL CALON LEGISLATIF BELUM MEMENUHI SYARAT

PALANGKA RAYA-Fenomena pemilihan umum anggota legislatif bakal berubah. Banyak politisi muda alias pendatang baru yang ikut bersaing merebutkan kursi wakil rakyat. Banyak politisi senior juga kemba ... Read More