Rabu, Tanggal 11-07-2018, jam 10:40:07

KPK Backup Kejari Kotim

Selidiki Kasus TPPU Mantan Kepala BPN Sampit
KPK Backup Kejari Kotim
Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur mengamankan berkas dirumah milik Jamaludin beberapa waktu lalu. (RUSLI/KALTENG POS)

SAMPIT–Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur (Kotim) sudah menerbitkan surat perintah penyidikan (Sprindik) tindak pidana pencucian uang (TTPU) dalam kasus yang menyeret mantan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kotim, Jamaludin.

"Kejaksaan berkoordinasi dengan KPK-RI , sudah dua kali Tim KPK-RI akan ke Sampit untuk menindaklanjuti Kasus ini, karena kesibukan dilain tempat ditunda dan akan dijadwal ulang untuk membantu kasus TPPU Mantan Kepala BPN Kotim," kata Kepala Kejari Kotim, Wahyudi setelah memimpin serah terima kasi intel Kejari Kotim , Rabu (11/7).

Menurut Wahyudi, nanti Kasi Pidana Khusus (Pidsus) yang akan menghubungi pihak KPK-RI untuk menindak lanjut kasus TTPU yang merupakan pengembangan dua kasus pertanahan yakni IP4T dan tanah Dinas Pendidikan Kabupaten Kotim yang menyeret Mantan Kepala  Kantor BPN dan satu stafnya.

"Saya sudah minta kasi pidsus untuk segera menghubungi pihak tim  KPK-RI untuk membantu kejaksaan kotim dalam kasus TPPU ini,"jelasnya.

Diketahui, sejauh ini Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur

Sudah memeriksa para lurah dan kepala desa dan camat sdh dalam kasus tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang membelit mantan Kepala BPN Kotim Jamaludin.

Bahkan, beberapa waktu lalu kejaksaan negeri kotim sudah melakukan penggeledahan dan penelusuran aset terdakawa (Jamaludin), ini untuk keperluan kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Tidak tanggung tanggung pihak kejaksaan Negeri kotim dipastikan akan bantu KPK-RI untuk melakukan penelusuran aset-asetnya (Jamaludin,red) baik yang ada didalam daerah maupun diluar daerah.

Jamaludin yang sudah dijadikan tersangka dan dijebloskan ke penjara dalam dua kasus pertanahan yakni IP4T dan tanah Dinas Pendidikan Kabupaten Kotim , apabila dikenakan lagi akan pasal TPPU akan tiga kasus yang disandangnya. (sli/ol/nto)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 16 Aug 18


Kamis, 16-08-2018 : 08:36:13
Pecundangi Persipon, Kalteng Putra Ke Babak 64 Besar

PALANGKA RAYA – Setelah tertunda beberapa pekan, akhirnya Kalteng Putra bisa main perdana di Piala Indonesia 2018. Sekalipun harus away ke Pontianak untuk meladeni perlawanan Persipo ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 08:28:43
TETAP WASPADA ! Jangan Mengadili Keluarga Terduga Teroris

PENANGKAPAN Lu yang dicurigai menganut paham radikal dan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), mengingatkan seluruh masyarakat Kalteng harus waspada. Tokoh agama hingga tokoh adat, diharapkan bert ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 08:19:52
Terkait Paham Radikalisme, Begini Jaringan Terduga Teroris dan Sepak Terjangnya

PALANGKA RAYA-Pria 41 tahun berinisial Lu diamankan Densus 88 antiteror dan Polda Kalteng, terkait dugaan paham radikalisme, Senin lalu (13/8). Sejumlah buku ditemukan petugas dari rumah Lu baik di ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 07:11:14
Satu Bangunan Di-Police Line, Begini Modus Oknum Kades Menyelewengkan ADD dan DD

KUALA KAPUAS-Penyidik Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Palingkau, Kabupaten Kapuas, masih mengembangkan dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) oknum kepala desa (kades), WH. ... Read More