Kamis, Tanggal 12-07-2018, jam 09:32:24

ASTAGA! Menunggak, Aliran Listrik Pasar Diputus

ASTAGA! Menunggak, Aliran Listrik Pasar Diputus
PASAR SEMI MODERN: Pusat perbelanjaan terbesar di Tamiang Layang, Barito Timur yang selalu ramai pengunjung, Rabu (11/7). Aliran listrik ke Pasar Semi Modern Temanggoeng Djaja Karti (TDK) Tamiang Layang ini diputus. LOGMAN/KALTENG POS

TAMIANG LAYANG–Aliran listrik ke Pasar Semi Modern Temanggoeng Djaja Karti (TDK) Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur, Barito Timur, diputus. Pemutusan fasilitas penerangan yang dirasakan warga sebagai pedagang tersebut terjadi sudah dua pekan terakhir.

Pemutusan hubungan listrik tersebut dilakukan PLN lantaran tagihan menunggak. Tetapi tidak diketahui jelas untuk nominalnya hanya saja tunggakan telah memasuki bulan ketiga.

Manager PLN Rayon Tamiang Layang, Syahrul membenarkan, pihaknya melakukan pemutusan aliran listrik sementara untuk Pasar Semi Modern Tamiang Layang. Hal tersebut karena pihak pasar belum melakukan pembayaran selama dua bulan di tambah bulan berjalan. “Jadi tiga bulan kita putus dulu,” sebut Syahrul, kemarin (11/7).

Sebelum dilakukan pemutusan, PLN telah menginformasikan ke Dinas Perdagangan Bartim yang membawahi pasar. Dan dari informasi, sambung Syahrul, Dinas Perdagangan telah berkirim surat ke bupati untuk meminta bantuan pembayaran.

Kepala UPTD Pasar Tamiang Layang, Wanrawaty mengatakan, pemutusan aliran listrik tersebut telah terduga sebelumnya. Lantaran, menurut dia, dua bulan sebelum kejadian pihaknya telah duduk bersama untuk membicarakan masalah pembayaran listrik pasar.

“Selama ini atau lebih dari lima belas tahun, listrik selalu dibayarkan oleh pemerintah daerah. Tetapi setelah dievaluasi tanggungan tersebut memberatkan karena tidak ada pemasukan untuk daerah,” tutur Wanrawaty.

Pasar tidak memberikan kontribusi untuk pembayaran listrik. Pedagang yang menempati los pasar hanya tinggal menggunakan alias gratis. “Kemungkinan hal tersebut menjadi pertimbangan dan menjadi catatan berdampak pada temuan BPK, sehingga masih menunggu bagiamana tindaklanjutnya,” tukasnya.

Disisi lain, pedagang Pasar Tamiang Layang, Tati (45) menceritakan, pemutusan aliran listrik sudah dua pekan terakhir dan tidak diketahui jelas permasalahan. Pihaknya hanya berharap hal tersebut bisa dicarikan solusi dan tidak dibiarkan berlarut–larut. (log)

 

 

 

 


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 22 Jul 18


Jum`at, 20-07-2018 : 11:10:40
Mofit Dilantik Jadi Ketua PERAGI

PALANGKA RAYA - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio secara resmi dilantik sebagai Ketua Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) Komisariat Daerah ... Read More

Jum`at, 20-07-2018 : 07:34:52
Ini Dia Informasi Lelang Mobil Dinas Hasil Pidana Korupsi

TAMIANG LAYANG–Puluhan kendaraan operasional hasil tindak pidana korupsi dum mobil dinas tahun 2012 di Bartim, belum juga berhasil dijadikan uang atau penambahan sebagai pema ... Read More

Kamis, 19-07-2018 : 02:00:29
Loyalitas Merupakan Roh Militer

PANGKALAN BUN-Danrem 102/Pjg, Kolonel Inf Harnoto S Sos, memberikan pengarahan kepada prajurit Kodim 1014/Pbn dan Kompi C Yonif R 631/Atg di Mako Kompi setempat, Rabu (18/07).

Kehadiran o ... Read More

Kamis, 19-07-2018 : 10:13:30
Pemko Serahkan Tiga Kendaraan Pada Kwarcab Pramuka Palangka Raya

PALANGKA RAYA - Pemko Palangka Raya menyerahkan tiga unit kendaraan kepada Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Palangka Raya. Penyerahan kendaraan ini dilaksanakan bertepatan dengan H ... Read More