Kamis, Tanggal 12-07-2018, jam 11:08:51

Pendaftaran CPNS 2018 Segera Dibuka, Ini Jadwalnya

Umur Maksimal Pendaftar 35 Tahun
Share
Pendaftaran CPNS 2018 Segera Dibuka, Ini Jadwalnya
Ilustrasi. Tes CPNS dengan sistem CAT. (foto: net)

KEMENTERIAN Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), mengungkapkan waktu pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS). Kepastian jadwal penerimaan CPNS 2018 itu diungkapkan Menpan-RB, Asman Abnur.

Rencananya, pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka akhir bulan ini. Namun hingga saat ini total kuota belum ditetapkan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur hanya mengatakan bahwa usulan formasi CPNS 2018 sudah disampaikan ke Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dari kuota yang dimaksud, 100 ribu di antarannya untuk guru.

“Tetapi (usulan formasi CPNS) belum (disampaikan) ke Presiden,’’ kata Asman setelah mengikuti pembukaan Rakornas Badan Kepegawian Negara (BKN) di Serpong, Tangerang Selatan, Rabu (11/7).

Asman menjelaskan, tahun ini ada 250 PNS pusat maupun daerah yang pensiun. Pemerintah tetap mempertahankan pengisian kursi CPNS baru dengan model zero growth. Sehingga kuota CPNS baru yang dibuka tahun ini tidak sampai 250 ribu.

“Tahun ini akan ada penambahan khusus untuk guru dan tenaga kesehatan,” jelasnya.

Untuk formasi CPNS guru daerah, Asman mengatakan sekitar 100 ribu orang. Sementara untuk CPNS tenaga kesehatan, dia belum bisa menyampaikan angkanya. Sebab, harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan Kementerian Kesehatan.

Bima menjelaskan, beberapa tahun lalu pernah ada kuota khusus untuk tes CPNS dari kelompok tenaga honorer. Tetapi, nyatanya hasil tes menunjukkan angka ujian yang jeblok.

Dia mengatakan saat ini pemerintah didesak dari sisi kemanusiaan, supaya mengangkat honorer itu. ’’Kemanusiaan untuk honorernya atau muridnya,’’ katanya.(wan/ttg/jpnn)

BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 25 Sep 18


Selasa, 25-09-2018 : 10:16:19
Pangdam Deklarasikan Kampanye Damai

PONTIANAK-Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi menghadiri deklarasi kampanye damai Pemilu 2019  yang dimotori KPU Kalimantan Barat (Ka ... Read More

Senin, 24-09-2018 : 11:57:03
Mendadak Mundur Jadi Utusan Khusus Jokowi, Ada Apa?

Din Syamsuddin resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Utusan Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah ini mengumumkan pengunduran dirinya dalam ulang tahun K ... Read More

Senin, 24-09-2018 : 10:45:51
Kodam Gelar Lomba Dayung, Bertajuk TNI Dragon Boat Race 2018

PONTIANAK-Olahraga menjadi media tanpa batas, baik suku, agama, ras, maupun golongan untuk saling menjalin keharmonisan. Demikian dikatakan Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Achmad ... Read More

Jum`at, 21-09-2018 : 09:19:42
Kodam XII/Tanjungpura Tangkal Radikalisme

PONTIANAK-Lomba melukis dan MTQ dilaksanakan guna menjalin komunikasi sosial (komsos) yang sehat dan harmonis. Sehingga melalui perlombaan yang dilaksanakan dapat meningkatkan tali silaturahmi anta ... Read More