Kamis, Tanggal 12-07-2018, jam 08:46:49

BMKG Benarkan Adanya Gempa di Kalteng Berkekuatan M 4,2 SR

BMKG Benarkan Adanya Gempa di Kalteng Berkekuatan M 4,2 SR
Koordinat lokasi pusat gempa

GETARAN diduga yang dirasakan masyarakat di sejumlah wilayah, di antaranya di Kasongan dan sekitarnya, serta Tangkiling Kecamatan Bukit Batu, Palangka Raya, Kamis (12/7) siang, dibenarkan pihak Badan Metrologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala BMKG Bandara H. Asan Sampit, Nur Setiawan kepada Kalteng Pos, Kamis (12/7) malam mengatakan, getaran gempa yang sempat membuat heboh warga itu terjadi sekitar pukul 13.43 WIB.

Gempa dengan kekuatan Magnitude 4,2 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 1.87 LS dan 113.43 BT atau tepatnya berlokasi di 70 kilometer Barat Laut Palangka Raya, pada kedalaman 5.0 Km diperkirakan tidak terjadi gempa susulan.

"Tapi kemungkinan kecil terjadi gempa susulan, karena Kalteng bukan merupakan daerah rawan gempa,” kata Nur Setiawan.

Meski demikian, dia tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan yang kecil tersebut.

Sementara itu, pada Kamis malam juga beredar pesan berantai melalui WhatsApp rilis Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan, Mudjianto.

Dalam pesan itu juga membenarkan adanya gempa pada titik koordinat yang sama.

Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan kuat/lemah dirasakan di daerah Katingan dan Kasongan dalam skala intensitas IISIG – BMKG atau (III-IV MMI). Di daerah ini guncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh orang banyak/beberapa orang, bahkan beberapa warga ada yang berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” kata Mudjianto dalam pesan itu.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi tektonik yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 16:00 WITA belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. “Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG,” ujarnya. (*urh/OL/nto)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 22 Jul 18


Minggu, 22-07-2018 : 09:28:39
Kalteng Dilanda Kekeringan

SELAMA Juli 2018, curah hujan di berbagai daerah di Kalteng sangat minim. Bahkan, beberapa hari terakhir, rata-rata wilayah Kalteng tidak ada turun hujan. Sehingga secara umum, Kalteng mulai mengal ... Read More

Minggu, 22-07-2018 : 09:14:50
Belajar Kesenian di 38 Negara, Indonesia Terkaya

Kecintaan Didik Hadiprayitno atau Didik Nini Thowok terhadap dunia tari, mendorong rasa keingintahuannya terhadap kesenian dari negara lain. Siapa kira, diusianya yang sudah 64 tahun itu, Didik sud ... Read More

Minggu, 22-07-2018 : 09:06:36
Menurut Pengamat Politik, Sosok dan Warna Partai Ini yang akan Mendominasi di Pileg 2019

PALANGKA RAYA-  Pengamat politik Kalteng Jhon Retei Alfrisandi menilai, pileg 2014 akan menghasilkan komposisi caleg yang ada di tingkat provinsi tidak banyak bergeser. Masyarakat Kalteng tren ... Read More

Minggu, 22-07-2018 : 08:49:26
HASIL VERIFIKASI ! BANYAK BAKAL CALON LEGISLATIF BELUM MEMENUHI SYARAT

PALANGKA RAYA-Fenomena pemilihan umum anggota legislatif bakal berubah. Banyak politisi muda alias pendatang baru yang ikut bersaing merebutkan kursi wakil rakyat. Banyak politisi senior juga kemba ... Read More