Jum`at, Tanggal 13-07-2018, jam 08:57:49

Api Diduga dari Puntung Rokok, Semak Belukar Berkobar

Api Diduga dari Puntung Rokok, Semak  Belukar Berkobar
Petugas berusaha memadamkan api dengan peralatan yang sederhana di kawasan Lahan Km 10 Jalan Jendral Sudirman, Rabu (11/7). (DPKP FOR/KALTENG POS)

SAMPIT- Beberapa hari tidak diguyur hujan. Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) mulai melanda. lahan di Jalan Jenderal Sudirman Km 10 Rabu (11/7) terbakar. Semak belukar dan padang ilalang di pinggir jalan berkobar.  Bahkan Si jago merah sempat membesar.

Mendapat laporan adanya kebakaran. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotawaringin Timur (Kotim) langsung turun tangan. Satu unit Damkar dikerahkan ke lokasi kebakaran yang terjadi pada sore hari sekitar pukul 15.30 WIB.

" Kami mendapat informasi adanya kebakaran lahan, hingga satu unit pemadam kita kerahkan untuk memadamkan api, dibantu juga oleh anggota Polres Kotim dan TNI," ucap Plt Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kotim Rihel, Kamis, (12/7).

 

Api diduga api berasal dari puntung rokok, karena sebelumnya kawasan tersebut semak belukar sehingga api dengan mudah memakan ilalang di karena sebelumnya ada pemancing yang sempat mancing di kawasan tersebut.

" Lokasinya kawasan bekas timbunan, karena itu tumbuh ilalang hingga membuat api dengan cepat menjalar sampai ke pinggir jalan dan ke arah dalam ada sekitar 100 meter, " ujarnya.

Beberapa titik api yang berpencar, membuat alat tidak bisa menjangkaunya, sehingga pemadaman dikakukan dengan cara menual dan bisa dipadamkan.

“Memang api tidak membesar namun kesana kemari, untuk jarak sekitar 100 meter dari jalan ada kebakarannya, saat melakukan pemadaman selang tidak sampaikan hingga dipadamkan dengan memukul api menggunakan ranting pohon," terangnya.(ais/ala)


BERITA Terkait
Berita terkini Kalteng Pos Online 16 Aug 18


Kamis, 16-08-2018 : 09:50:12
Legislator Ini Kunjungi Jamaah Haji Kalteng, Ini Pesan-Pesnnya

PANGKALAN BUN-Anggota DPD RI utusan Kalteng, H Muhammad Rakhman Ebol menyempatkan diri bertemu dengan jamaah haji Kalteng di Makkah. Banyak hal yang disampaikan oleh ratusan jamaah, salah satunya t ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 09:18:05
Desa Panaen Dicanangkan Jadi Kampung Merah Putih

MUARA TEWEH-Desa Panaen Kecamatan Teweh Baru Barito Utara dipilih sebagai kampung merah putih yang dicanangkan Polres Batara, Senin (13/8). Pencanangan dilakukan Kapolres Batara AK ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 09:08:43
Perairan Barito Surut, Aktivitas Tongkang Terhenti

MUARA TEWEH-Sudah dua pekan belakangan ini, perairan Sungai Barito surut. Akibatnya, lalu lintas tongkang batu bara terhenti. Beruntung, tidak ada tongkang yang terperangkap di ten ... Read More

Kamis, 16-08-2018 : 09:02:16
Kemarau, Potensi Serangan DBD

SAMPIT - Sejumlah kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) selalu dalam pengawasan Dinas Kesehatan setempat. Sebab di musim kemarau seperti saat ini berpotensi serangan penyakit demam berd ... Read More